Jawa Pos

Kehadiran ASN Capai 87,4 Persen

Hari Pertama Kerja setelah Libur Lebaran

-

JAKARTA – Menteri Pendayagun­aan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin memantau kehadiran aparatur sipil negara (ASN) secara online melalui https://sidina. menpan.go.id kemarin (10/6). Hasilnya, kehadiran ASN mencapai 87,4 persen.

Menurut Syafruddin, jumlah itu terbilang bagus. Meski masih ada sebagian kecil yang tidak hadir tanpa keterangan. ”Sebab, ada yang ambil cuti, izin sakit, atau melanjutka­n studi, itu kami anggap dinas,” ujarnya.

ASN yang membolos tentu mendapat sanksi disiplin maupun teguran langsung dari atasan. Syafruddin menegaskan, meski hanya sanksi ringan, semua teguran dicatat dan disampaika­n ke menteri PAN-RB dan ditembuska­n kepada kepala Badan Kepegawaia­n Negara (BKN). Paling lambat pada 10 Juli.

Catatan itu nanti menjadi bahan evaluasi pegawai tersebut. ”Seringan apa pun sanksi teguran akan dicatat. Itu nanti sebagai evaluasi untuk kenaikan jabatan, tunjangan kinerja, dan penilaian kinerjanya,” terang mantan Wakapolri tersebut.

Sementara itu, kemarin Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri) juga mengadakan apel bagi para pegawainya. Apel yang digelar di halaman kantor Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara tersebut diikuti hampir seribu pegawai.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa laporan awal yang masuk kepadanya menyebutka­n, tingkat kehadiran apel mencapai lebih dari 90 persen. Senada dengan Syafruddin, Tjahjo pun mengingatk­an jajaran pimpinan di lingkungan­nya untuk mengecek betul kehadiran ASN.

Menurut Tjahjo, setiap regulasi yang akan diterapkan untuk daerah terlebih dahulu diterapkan di lingkungan internal Kemendagri.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? CEK: Syafruddin memantau kehadiran ASN di Kemen PAN-RB kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS CEK: Syafruddin memantau kehadiran ASN di Kemen PAN-RB kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia