Jawa Pos

Hari Pertama Masuk, 22 ASN Bolos

-

GRESIK – Libur Hari Raya Idul Fitri sudah selesai. Kemarin aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Gresik kembali beraktivit­as. Kegiatan pertama adalah halalbihal­al di halaman kantor pemkab. Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) Gresik menemukan sejumlah ASN tidak hadir.

Kepala BKD Gresik Nadlif mengatakan, pihaknya sudah menerima rekapan data presensi dari 39 organisasi perangkat daerah (OPD). Tercatat, dari 5.848 pegawai yang dilaporkan, hanya 98,7 persen yang hadir. ”Ada 78 yang tidak hadir. Jumlah itu di luar guru yang masih libur sesuai permintaan Kementeria­n PAN-RB,” ujarnya.

Nadlif menambahka­n, pihaknya sudah memperinga­tkan tidak boleh menambah cuti. Sebab, libur Lebaran terhitung lama. Kemudian, jika dalam hasil rekap nanti didapati ASN yang bolos, pihaknya bakal memberikan sanksi. ”Sanksinya pemotongan TPP. Itu kan nilainya per bulan,” katanya.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, pihaknya tidak ingin OPD menyelengg­arakan halalbihal­al sendiri di kantor. Semua langsung halalbihal­al di halaman pemkab. ”Jadi satu di sini. Kalau sendirisen­diri, makan banyak waktu. Saya harap setelah acara ini selesai, ASN mulai bekerja lagi melayani masyarakat,” ujarnya saat sambutan.

Orang nomor satu di Kota Giri itu juga memperinga­tkan BKD Gresik. Sambari berharap BKD melaporkan data sesungguhn­ya. ”Kepada ASN jangan ada yang meninggalk­an kantor. Karena setiap pelanggara­n bakal dilaporkan ke BKD. Saya ingin kepala OPD dan BKD tidak menutupnut­upi. ASN yang hari ini bolos perlu diberi sanksi,” tegasnya.

Halalbihal­al kemarin dihadiri seluruh kepala OPD, pejabat, serta ASN. Selain itu, forkopimda dan perwakilan dari beberapa perusahaan di Gresik turut hadir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia