Jawa Pos

Siap Tampung Warga Terdampak

Wali Kota Telah Tentukan Tarif Flat Penjaringa­n Sari IV

-

SURABAYA – Wali kota akhirnya menentukan tarif sewa Flat Penjaringa­n Sari tahap IV. Artinya, hunian vertikal milik pemkot tersebut bisa segera dipergunak­an untuk menampung warga yang terdampak pembanguna­n. Tarifnya tidak jauh berbeda dengan flat tahap lain.

”Sudah disahkan melalui Perwali Nomor 24 Tahun 2019,” ujar Kabid Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah Dinas Pengelolaa­n Bangunan dan Tanah (DPBT) Surabaya Doni Ardian. Besaran tarif tiap lantai berbeda-beda.

Flat Penjaringa­n Sari tahap IV paling mahal dipatok Rp 96 ribu per bulan. Lokasinya ada di lantai 1. Sementara itu, yang termurah ada di lantai 5 dengan besaran sewa Rp 43 ribu per bulan. Perbedaan tarif tersebut didasarkan lokasi hunian. Semakin tinggi semakin murah.

Tarif tersebut memiliki perbedaan dengan flat yang sudah eksis lebih dulu seperti Flat Penjaringa­n Sari tahap I, II dan III. Misalnya, harga sewa tahap II sebesar Rp 38 ribu–Rp 59 ribu, sedangkan di flat tahap III Rp 34 ribu–Rp 76 ribu.

Perbedaan tarif tiap rusun memang wajar terjadi. Sebab, penilaian harga itu didasarkan pada seberapa besar investasi yang dikeluarka­n pemkot untuk membangun flat. ”Kalau biayanya lebih besar, otomatis tarifnya juga berbeda lagi,” katanya.

Namun, kenaikan masih bisa dijangkau warga. Sebab, sasaran penghuni flat merupakan penduduk yang berada di level ekonomi lemah. Namun, mereka tidak diberi gratis.

Pemberian flat diberi jangka waktu yang terbatas. Maksimal lima tahun. Dalam kurung waktu itu, para penghuni diharapkan bisa mengusahak­an untuk memiliki hunian. Atau memperbaik­i ekonominya tanpa perlu dibebani biaya sewa yang tinggi.

Sekarang DPBT masih menggodok mekanisme untuk penerimaan penghuni. Dengan begitu, keluarga yang masuk flat tersebut bisa tepat sasaran. ”Kami sudah buat laporan ke wali kota. Perihal seperti apa mekanisme untuk penghuniny­a,” tutur Doni.

Berdasar data Pemkot Surabaya sampai saat ini, jumlah antrean warga untuk masuk rusun mencapai 7.000 keluarga. Upaya penambahan flat pun terus dilakukan. Tahun ini sedikitnya ada tiga flat baru yang bakal dibangun pemkot.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? HUNIAN MURAH: Flat Penjaringa­n Sari Tahap IV siap dihuni setelah pemkot menentukan tarif sewa. Harganya relatif lebih mahal dibanding tahap-tahap sebelumnya.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS HUNIAN MURAH: Flat Penjaringa­n Sari Tahap IV siap dihuni setelah pemkot menentukan tarif sewa. Harganya relatif lebih mahal dibanding tahap-tahap sebelumnya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia