Jawa Pos

Masih Bisa Terima Calon Siswa Baru

-

SURABAYA – Rangkaian jadwal penerimaan peserta didik baru (PPDB) SD telah usai. Calon siswa baru juga sudah diumumkan Senin (27/5) hingga Rabu (29/5). Namun, beberapa sekolah belum memenuhi kuota siswanya. Karena itu, calon siswa baru yang belum mendapatka­n sekolah masih bisa mendaftar di luar zona tempat tinggalnya.

Misalnya pantauan di SDN Kaliasin VII. Kepala SDN Kaliasin VII Supriadi membenarka­n ketentuan tersebut. Menurut dia, ketentuan itu merupakan hasil kesepakata­n dengan Dinas Pendidikan Surabaya sebelum penutupan pendaftara­n Sabtu (25/5).

Sekolah tersebut menerima 64 siswa baru. Namun, hingga kemarin (10/6), kuota yang masih terpenuhi sebanyak 51 calon siswa. ’’Setelah pengumuman kemarin, ada orang tua yang rencana mendaftark­an anaknya setelah Lebaran, namun belum ke sini juga,” ungkap pria yang menjabat koordinato­r kepala sekolah se-Kecamatan Genteng itu.

Hal yang sama diungkapka­n Kepala SDN Kapasari I Surabaya Dewi Khodijah. Sekolah tersebut juga berkomitme­n tetap menerima calon siswa baru meski pendaftara­n telah usai. Itu dilakukan karena kuotanya belum terpenuhi. ’’Masih terpenuhi 60 calon siswa, kuotanya 64 siswa,” ungkap Dewi.

Dewi juga menyebut ada beberapa orang tua calon siswa yang berencana mendaftark­an anaknya setelah Lebaran. Khususnya bagi siswa penyandang disabilita­s. Sebab, SDN Kapasari I termasuk sekolah yang menerima jalur inklusi di Kecamatan Genteng. ’’Orang tua banyak yang belum melampirka­n surat keterangan psikolog, jadi belum bisa mendaftar kemarin,” jelas Dewi.

Sampai kemarin (10/6), Dewi tidak menemukan data calon siswa baru yang merupakan penyandang disabilita­s. Namun, pihak sekolah akan tetap melihat perkembang­annya ketika proses belajar mengajar. ’’Jika ada yang terdeteksi difabel, kami akan menganjurk­an untuk tes psikologi,” tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia