Jawa Pos

Jalur Offline PPDB SMA/ SMK Dibuka Hari Ini

-

SURABAYA – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA/SMK jalur offline dibuka mulai hari ini. Ada beberapa kategori yang bisa mendaftar di jalur itu. Yakni, jalur prestasi, perpindaha­n tugas orang tua, inklusi, dan keluarga tidak mampu.

Tampak persiapan di beberapa sekolah di wilayah selatan Surabaya. Misalnya, SMKN 6 yang memindahka­n posko PPDB dari ruang kelas ke aula sekolah. Sekretaris Panitia PPDB SMKN 6 Surabaya Syaifullah mengatakan, pemindahan ruangan itu dilakukan untuk mengatasi banyaknya pendaftar yang diperkirak­an datang hari ini. ’’Melihat keadaan antrean pengambila­n PIN beberapa waktu lalu yang sempat membeludak ratusan orang juga, kami ingin pendaftar lebih nyaman,’’ ungkap guru matematika tersebut.

Selain persiapan teknis, SMKN 6 menyiapkan sumber daya manusia yang melayani pendaftar. Ada penambahan beberapa tim PPDB untuk jalur offline. Misalnya, jalur inklusi yang ada tambahan panitia dari guru bimbingan dan konseling (BK). Mereka bertugas untuk memverifik­asi pendaftar dari jalur inklusi. ’’Inklusi ini kan ketentuan kuotanya beda sendiri. Penentuann­ya dari kemampuan calon siswa. Guru BK akan bisa mengukur hal itu,’’ kata Syaifullah.

Sesuai dengan petunjuk teknis PPDB SMA/SMK, kuota jalur inklusi memang dibatasi maksimal tiga siswa tiap kelas. Akan diukur tingkat kesulitan mereka dalam menjalani kegiatan belajarmen­gajar. Salah satu persyarata­nnya adalah melampirka­n hasil tes IQ dari psikolog. Tidak semua jurusan di sekolah tersebut bisa menerima jalur inklusi.

’’Kasihan juga kalau penyandang disabilita­s dipaksa untuk melakukan kemampuan tertentu,’’ imbuh Syaifullah. Beberapa jurusan yang bisa didaftarka­n ke sekolah untuk jalur inklusi, antara lain, pariwisata, tata boga, tata kecantikan, dan multimedia. Beberapa jurusan lain masih memungkink­an untuk masuknya pendaftar disabilita­s. Namun, masih menunggu keputusan rapat panitia PPDB sebelum pengumuman.

 ?? DIPTA WAHYU /JAWA POS ?? RAMAI LAGI: Sejumlah pendaftar beserta orang tuanya melakukan verifikasi data sebelum mengambil PIN PPDB di SMKN 6 Surabaya kemarin.
DIPTA WAHYU /JAWA POS RAMAI LAGI: Sejumlah pendaftar beserta orang tuanya melakukan verifikasi data sebelum mengambil PIN PPDB di SMKN 6 Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia