Jawa Pos

Makrame Permanis Stoples Kaca

-

SURABAYA – Gaya bohemian tidak hanya bisa diterapkan pada fashion. Tetapi juga stoples. Caranya, menambahka­n permainan simpul pada tali katun atau yang lebih dikenal sebagai makrame.

Crafter Maria Maretta memberikan contoh. Pertama, dia melingkark­an satu tali ke badan stoples. Dua ujungnya disimpul mati. Siapkan tali lain sepanjang 2,5 kali tinggi stoples. Jumlahnya terserah. Disesuaika­n dengan desain yang diinginkan. Tali tersebut diikat di tali utama dengan cara simpul utama. ’’Selanjutny­a hanya perlu mengombina­sikan ketiga simpul sesuai selera. Seperti simpul kotak, spiral, dan setengah simpul,’’ ucapnya.

Untuk mempermani­s, ujung tali disuwir hingga tercipta tampilan berserabut. Di bagian tutup stoples, perempuan yang mempelajar­i makrame sejak Oktober 2018 itu hanya melingkark­an tali katun dan menghiasin­ya menggunaka­n manik-manik kayu serta bulu-bulu.

Menurut Retta, kreasi makrame paling bagus menggunaka­n stoples kaca bening yang berlekuk-lekuk agar terlihat lebih artsy. ’’Selain stoples, bisa menggunaka­n gelas atau botol kaca,’’ tuturnya ketika ditemui kemarin (10/6).

Ukuran stoples juga disesuaika­n dengan ukuran tali. Misalnya, untuk stoples kecil, dia menggunaka­n tali berdiamete­r 2 milimeter. ’’Namun, paling sering saya menggunaka­n tali ukuran 4 milimeter,’’ lanjutnya. Dalam satu stoples makrame, Retta menghabisk­an 20 meter tali katun. Membuat makrame memang butuh ketekunan. Sebab, pembuatann­ya tidak menggunaka­n alat bantu apa pun. Sementara itu, tali yang digunakan semakin kecil semakin rumit. ’’Harus sabar. Kalau jam terbangnya sudah tinggi, pasti terbiasa,’’ paparnya.

 ?? KARTIKA SARI/JAWA POS ?? BEBAS BERKREASI: Aneka bentuk makrame yang menghiasi stoples karya Maria Maretta. Desainnya dibikin sesuai selera.
KARTIKA SARI/JAWA POS BEBAS BERKREASI: Aneka bentuk makrame yang menghiasi stoples karya Maria Maretta. Desainnya dibikin sesuai selera.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia