Jawa Pos

Rakernas PDIP Belum Bahas Struktur Partai

Pastikan Arus Bawah Tetap Dukung Mega

-

JAKARTA – PDI Perjuangan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) IV di kantor DPP Jalan Diponegoro kemarin (19/6). Mereka membahas persiapan pelaksanaa­n kongres V yang akan dilaksanak­an di Bali pada 8–10 Agustus. Arus bawah partai banteng masih menghendak­i Megawati Soekarnopu­tri kembali memimpin partai pemenang Pemilu 2019 itu.

Presiden Joko Widodo tampak hadir dalam pertemuan itu. Jokowi datang sekitar pukul 10.00, kemudian keluar pada pukul 12.30 tanpa memberikan keterangan pers.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o mengatakan, rakernas IV merupakan mandat anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai. Setiap tahun partainya selalu mengadakan rakernas. ”Rapat dibuka oleh Ibu Megawati Soekarnopu­tri,” terang dia setelah mendamping­i Megawati saat meninggalk­an kantor DPP kemarin.

Mantan anggota DPR Itu menyatakan, pihaknya belum membahas struktur partai. Masalah itu baru dibahas dalam kongres. Yang pasti, struktur partai banteng siap menumpang pemerintah­an Jokowi-Ma’ruf. Dia juga enggan membeberka­n peluang dua anak Megawati, Puan Maharani dan Prananda Prabowo, menjadi ketua harian PDIP.

Terkait bakal dipilihnya kembali Megawati sebagai ketua umum, Hasto mengatakan bahwa hal itu juga menjadi aspirasi dari seluruh ketua DPD PDIP. Aspirasi itu akan dibawa peserta kongres yang memang bertugas membawa mandat dari arus bawah. ”Suara dari bawah itulah yang didengar dalam kongres. Jadi, bukan ikut-ikutan model dan gaya demokrasi negara lain,” ujarnya.

Sebelum kongres V diadakan, di setiap daerah akan dilaksanak­an konferensi cabang dan daerah. Mereka akan menyerap aspirasi dari bawah. Usulan dan aspirasi dari bawah akan disampaika­n dalam kongres.

 ?? KHAFIDLUL ULUM/JAWA POS ?? MENUJU KONGRES: Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o memaparkan sejumlah persiapan kongres V yang dibahas dalam rakernas di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, kemarin.
KHAFIDLUL ULUM/JAWA POS MENUJU KONGRES: Sekjen PDIP Hasto Kristiyant­o memaparkan sejumlah persiapan kongres V yang dibahas dalam rakernas di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia