Jawa Pos

Ternyata Karya Seniman Digital

-

Indahnya Kupu-Kupu dengan Sayap Berkilau yang Terancam Punah

Foto kupu-kupu dengan sayap transparan dan bertabur titik yang memantulka­n cahaya berkilau merupakan karya seni digital Sara Shakeel.

FOTO kupu-kupu yang diunggah pengelola fan page Facebook Beautiful Photo and Video benar-benar memukau. Sayapnya transparan dan dipenuhi titik-titik yang memantulka­n cahaya berkilau. Kabarnya, jenis kupukupu seperti itu terancam punah.

”Gorgeous. Endangered Starry Butter

fly,” tulis akun itu pada 13 April 2019. Sepintas, kupu-kupu itu terlihat asli dan sangat cantik. Hewan tersebut tampak seperti hinggap dan mengepakka­n sayap di sebuah ranting. Hingga kemarin, posting-an itu sudah dibagikan ulang lebih dari 12 ribu kali.

Namun, ada sedikit tanda yang memancing rasa penasaran di foto itu. Yakni, watermark berbunyi ”Sara Shakeel”. Memanfaatk­an search engine, nama itu langsung muncul di Instagram. Selain berprofesi dokter gigi, Sara Shakeel ternyata seorang seniman digital. Dia juga mengunggah foto kupu-kupu dengan sayap transparan dan berkilau tersebut di akun Instagram miliknya.

Dalam keterangan­nya, Shakeel menyebutka­n bahwa kupu-kupu transparan itu merupakan satu di antara tiga karya seninya yang dibuat dalam tiga jam. Anda dapat melihat foto dan karya lainnyadib­it.ly/KaryaSaraS­hakeel.

Situs pencari fakta factcheck.afp. com juga pernah mengulas informasi tersebut. Judulnya, No, this is not a photo of an endangered butterfly. Ulasan itu diunggah pada 13 Juni 2019. Menurut situs tersebut, klaim bahwa kupu-kupu transparan dan berkilau itu terancam punah adalah salah. Foto tersebut menunjukka­n karya seni dari seniman digital.

Karya seni digital itu dibuat dengan menggunaka­n foto kupu-kupu asli yang diambil fotografer Stephen Powell. Fotografer Australia tersebut pernah mem-posting foto kupu-kupu yang asli di blog pribadinya, wildabouts­pain.com, pada 4 Juli 2012.

Fact Check AFP juga menyebutka­n bahwa kupu-kupu yang menjadi bahan seni digital itu merupakan spesies blackveine­d white butterfly. Bukan Starry butterfly seperti yang beredar di media sosial. Anda dapat melihat ulasan itu di bit.ly/KaryaSeniD­igital.

 ??  ?? Hasil Olah Digital
Hasil Olah Digital
 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ?? FOTO ASLI
FOTO ASLI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia