Jawa Pos

Cermat Merawat si Hijau

-

SUASANA rumah Daniel yang asri dan segar didukung dengan banyaknya tanaman. Di dalam ruangan maupun halaman belakang, selalu ada si hijau. Lantaran banyak tanaman, bagian peneduh kolam dibuat tembus cahaya dan agak tinggi. ”Tanaman yang dipilih memang tahan cuaca panas dan cocok dengan sinar matahari penuh,” papar Elok.

Dalam pemilihan tanaman, luas area yang ditanami mendapat perhatian khusus. Meski terpapar matahari, lahan tumbuh terbatas karena letaknya tepat di samping kolam. Karena itu, Elok dan Daniel memilih tanaman yang memiliki akar tunggang. Dengan begitu, akarnya tidak akan merusak lantai sekitarnya.

Daniel berbagi tip agar tanaman tetap tampil prima. Ayah dua anak itu sengaja membeli pohon ”jadi”. Akar sudah terbentuk, tanaman pun relatif besar. Untuk membantu adaptasi, dia menanam pohon dan tanaman besar lain tiga bulan sebelum rumah ditempati. ”Saat pindahan, tanaman sudah ’kerasan’ dan rimbun,” ungkapnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? GEMERICIK: Halaman belakang rumah terdiri atas kolam renang dan teras yang dihiasi aneka tanaman jumbo. Pembuatan kolam renang membutuhka­n persiapan khusus.
ANGGER BONDAN/JAWA POS GEMERICIK: Halaman belakang rumah terdiri atas kolam renang dan teras yang dihiasi aneka tanaman jumbo. Pembuatan kolam renang membutuhka­n persiapan khusus.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia