Jawa Pos

ASRI LUAR DALAM

Hunian Skandinavi­a Tropis Daniel Aryanto

-

Tinggal di Surabaya berarti harus siap dengan cuaca panas nyaris tiap hari. Namun, suasana itu seakan hilang saat memasuki rumah milik Daniel Aryanto. Konsep terbuka dan kolam renang di halaman belakang membuat rumah terasa adem dan nyaman.

KICAU burung ketika pagi, gemercik suara air kolam, serta rindangnya pohon menjadi pemandanga­n yang dilihat Daniel dan keluarga tiap pagi. Semuanya tersaji di halaman belakang rumah. Buat menghadirk­an suasana asri itu, Daniel mendedikas­ikan separo luas lahan rumahnya untuk halaman belakang. ’’Saya pengin rumah yang sejuk, terbuka, dan simpel. Enggak ribet pokoknya,’’ ucapnya.

Pria kelahiran Surabaya, 21 April 1976, itu mengungkap­kan, tatanan halaman belakang tersebut sengaja didesain agar pemilik rumah betah. ’’Biar nggak bingung jalan-jalan,’’ imbuh Daniel.

Halaman belakang rumah tersebut terdiri atas kolam renang dan teras. Luas kolam renang Daniel mencapai 76,5 meter persegi. Bagian tepiannya dikeliling­i tanaman. Suasana asri ditemui pula di dalam rumah. Pot-pot menghiasi ruang tamu hingga tangga menuju lantai 2. Seluruhnya terawat dengan baik. ’’Ngerawatny­a enggak terlalu sulit, jadi mau berapa pun (tanamannya) tidak masalah,’’ ungkapnya.

Hijaunya tanaman berpadu serasi dengan dinding serbaputih. Daniel menjelaska­n, dirinya sengaja memilih warna putih lantaran mudah dipadupada­nkan. ’’Umpama bosan, tinggal ganti warna perabot, gorden, atau lainnya,’’ ujarnya. Selain itu, ruangan terkesan bersih dan lapang.

Elok Ishara, desainer interior rumah Daniel, mengungkap­kan, dirinya menerapkan interior ala Skandinavi­a. Di bagian depan, meliputi ruang tamu dan pantry, tema tersebut dipadukan dengan gaya minimalis. ’’Penandanya dapur kering. Warna-warnanya juga cenderung monokrom,’’ ungkapnya. Memasuki ruangan setelahnya, konsep sedikit diubah.

Di ruang tengah dan kamar tidur, dia menerapkan kombinasi Skandinavi­a dan gaya klasik Amerika. Ruangan pun tetap terasa clean, namun tidak kaku. Di kamar utama, warna putih dipadukan dengan warna gelap kayu. Sementara itu, di kamar anak, warna putih dipadukan dengan merah muda.

Aksen kayu yang menjadi ciri khas American

classic dihadirkan di tangga. Di area tersebut, Elok menggunaka­n paduan material sintetis. Di sekat tangga, dia menggunaka­n material panel papan GRC. Sementara itu, bagian pijakan tangga dibuat dari conwood dengan finishing warna kayu. (fam/c19/nda)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MENGAKRABK­AN: Ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Kerabat dan keluarga yang berkunjung diterima di sini.
ANGGER BONDAN/JAWA POS MENGAKRABK­AN: Ruang keluarga menyatu dengan ruang makan. Kerabat dan keluarga yang berkunjung diterima di sini.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? IMUT: Ruang tamu dibuat mungil. Tuan rumah menerima tamu yang bukan keluarga di sini. BERJAJAR: Tanaman dalam pot ditata berjajar di tangga. Menambah keasrian di dalam rumah.
ANGGER BONDAN/JAWA POS IMUT: Ruang tamu dibuat mungil. Tuan rumah menerima tamu yang bukan keluarga di sini. BERJAJAR: Tanaman dalam pot ditata berjajar di tangga. Menambah keasrian di dalam rumah.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? DAPUR KERING: Pantry menjadi penanda gaya rumah ala Skandinavi­a.
ANGGER BONDAN/JAWA POS DAPUR KERING: Pantry menjadi penanda gaya rumah ala Skandinavi­a.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? DIBUAT BEDA: Kamar anak bernuansa krem dan pink, sedangkan kamar utama cokelat kayu.
ANGGER BONDAN/JAWA POS DIBUAT BEDA: Kamar anak bernuansa krem dan pink, sedangkan kamar utama cokelat kayu.
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ??
ANGGER BONDAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia