Jawa Pos

Minta Kualifikas­i Asia Cup Diundur

-

FOKUS timnas basket Indonesia terpecah antara mempersiap­kan diri untuk terjun ke SEA Games 2019 atau bermain di kualifikas­i FIBA Asia Cup 2021 yang diadakan dalam waktu berdekatan. PB Perbasi mengambil langkah praktis: meminta FIBA mengundurk­an jadwal kualifikas­i buat Indonesia.

Dalam kualifikas­i Asia Cup, Indonesia berada di grup A bersama Thailand, Filipina, dan Korea Selatan. Periode kualifikas­i dibagi menjadi tiga termin. Periode pertama berlangsun­g mulai 25 November hingga 3 Desember 2019. Periode dan ketiga dihelat tahun depan.’’Nah, rencananya setiap periode ada dua game. Harapan kami bisa digeser menjadi tiga game langsung tahun depan. Jadi, tahun ini bisa dikosongin,’’ ujar Fareza Tamrella, manajer pelatnas. Menurut dia, Perbasi sudah mengirimka­n surat kepada FIBA untuk meminta penundaan kualifikas­i grup A. Dia optimistis permintaan itu akan disetujui. Sebab, Thailand dan Filipina meminta hal yang sama. Pelatih pelatnas Wahyu Hidayat Jati menyatakan tidak terbebani dengan persoalan tersebut. SK pelatnas mengangkat dia untuk menjadi pelatih SEA Games 2019. Maka dia berfokus pada sasaran tersebut. ’’Kalau ternyata pakai tim yang sama, tinggal duduk bareng untuk diskusi mana yang paling dipriorita­skan,’’ tutur Wahyu.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? FOKUS TERBAGI: Para pemain timnas basket Indonesia berlatih di GOR Soemantri Brodjonego­ro, Jakarta (13/6). Mereka ingin fokus ke SEA Games 2019.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS FOKUS TERBAGI: Para pemain timnas basket Indonesia berlatih di GOR Soemantri Brodjonego­ro, Jakarta (13/6). Mereka ingin fokus ke SEA Games 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia