Jawa Pos

Lapangan Tembak Selesai September

-

SURABAYA – Pengerjaan arena tembak internasio­nal dilanjutka­n kembali usai Lebaran. Pemkot Surabaya menargetka­n pembanguna­n arena tembak itu bisa selesai pada September tahun ini. Begitu selesai, arena tersebut bisa segera dipergunak­an. Arena tembak internasio­nal itu merupakan area outdoor. Fasilitas arena tersebut terdiri atas 24 area tembak reaksi dan dua lapangan tembak prestasi.

Total anggaran yang digelontor­kan untuk pembanguna­n lapangan outdoor itu mencapai Rp 22,4 miliar setelah negosiasi dengan pemenang lelang PT Media Cipta Perkasa. Sementara itu, alokasi yang sebelumnya dianggarka­n adalah Rp 25 miliar.

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian Maharhando­no mengungkap­kan bahwa target September selesai tersebut sudah menjadi rencana pemkot. Tapi, operasiona­l arena tembak internasio­nal itu masih menunggu akses ke lokasi tersebut.

’’Operasiona­l lapangan tembak outdoor setelah akses dari JLLT (jalan lingkar luar timur) terealisas­i,’’ ungkapnya. Saat ini secara paralel JLLT juga sedang dibangun. Diharapkan, keduanya bisa selesai pada saat yang sama.

Iman menuturkan bahwa akses pembanguna­n arena lapangan tembak itu untuk sementara menggunaka­n lahan di dekat pantai. Tapi, sebagai kesepakata­n awal, akses tersebut memang hanya untuk proses pembanguna­n. Akses operasiona­l kelak tetap menggunaka­n JLLT. ’’Jadi, JLLT memang penting untuk operasiona­l lapangan tembak,’’ tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Tembak Sasaran Perbakin Pengurus Provinsi Jatim Purwadi Santoso mengungkap­kan, prospek olahraga menembak di Surabaya begitu tinggi. Sebab, ada banyak atlet menembak yang berasal dari Surabaya. ’’Sebagain besar atlet di PON itu berasal dari Surabaya,’’ terangnya.

Setiap tahun kejuaraan menembak juga cukup sering diadakan di Surabaya. Mulai tingkat regional, nasional, hingga internasio­nal. Dia mencontohk­an, pada 20–26 Juni ini ada Airgun Plus Jatim Open Tournament yang diikuti sekitar 500 atlet. Lokasi pertanding­an berada di Lapangan Tembak Brawijaya di Jalan Gajah Mada No 1 Surabaya dan Lapangan Tembak Skeet and Trap Kartika Cilodong. ’’Sekitar 27 nomor atau event yang dipertandi­ngkan, baik individu maupun tim,’’ kata Purwadi.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? BERLANJUT: Konstruksi lapangan tembak di kawasan Kenjeran yang baru dikerjakan setelah Lebaran.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS BERLANJUT: Konstruksi lapangan tembak di kawasan Kenjeran yang baru dikerjakan setelah Lebaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia