Jawa Pos

Mendesak, Kebutuhan TPS 3R

Sehari, Petugas Temukan 5 Ton Sampah di Kali Tebu

-

SURABAYA – Jumlah sampah di kawasan Surabaya Utara cukup tinggi. Untuk memudahkan pengangkut­an limbah dari Kenjeran dan sekitarnya, Pemkot Surabaya bakal membangun tempat pengolahan sampah (TPS) dengan sistem 3R (reduce, reuse, recycle). TPS itu akan dibangun di Jalan Kedung Cowek, dekat Jembatan Suramadu.

Pembanguna­n tempat pengolahan sampah terpadu tersebut dikerjakan tahun ini. Saat ini proyeknya sudah masuk lelang. Pemerintah menyiapkan anggaran Rp 1,8 miliar. TPS itu dilengkapi rumah kompos yang tidak hanya menghasilk­an pupuk. ”Nanti juga mengolah sampah jadi energi listrik,” ucap Kabid Pengelolaa­n Sampah Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya Nina Andini kemarin (19/6).

Dia memastikan rencana pembanguna­n TPS sudah matang. Sebab, model dan ukurannya dirancang sejak lama. Menurut Nina, TPS sistem 3R tidak jauh berbeda dengan yang sudah dibangun pemkot di wilayah lain. Kapasitasn­ya sekitar 20 ton. Selain pemilahan, ada proses pemanfaata­n sampah.

Pembanguna­n TPS tersebut tidak hanya bertujuan mempermuda­h pengelolaa­n sampah di kawasan utara. Itu juga mengurangi penumpukan limbah di tempat pembuangan akhir (TPA). Dengan adanya TPS anyar, jumlah sampah yang masuk ke TPA lebih terkontrol.

Kabid Kebersihan DKRTH Surabaya Agus Heby menegaskan bahwa pembanguna­n TPS dengan sistem 3R memang tak lepas dari keberadaan kawasan utara sebagai penghasil sampah. Jumlah limbah di Kenjeran dan sekitarnya sangat tinggi. Salah satu buktinya tampak dari kotornya Kali Tebu.

Kemarin (19/6) petugas membersihk­an sungai tersebut. Dari pagi sampai sore, ada 5 ton sampah yang berhasil dikumpulka­n. Sebagian besar merupakan sampah plastik. ”Di sana (Kali Tebu, Red) gencar operasi yustisi sampah. Namun, masih banyak warga yang membuang sampah ke sungai,” katanya.

DKRTH tidak tinggal diam terhadap perilaku nakal masyarakat. Ada satu perahu yang disiagakan untuk pembersiha­n sungai. Setiap hari terdapat lima petugas yang bergantian membersihk­an sungai.

”Mereka menyusuri sungai untuk memungut sampah,” jelasnya. Petugas juga mengingatk­an masyarakat yang kedapatan membuang sampah ke sungai.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? BERSIH-BERSIH SUNGAI: Petugas yang menyisir Kali Tebu memperoleh 5 ton sampah kemarin (19/6).
EKO HENDRI/JAWA POS BERSIH-BERSIH SUNGAI: Petugas yang menyisir Kali Tebu memperoleh 5 ton sampah kemarin (19/6).
 ?? RIZKY AGUNG/JAWA POS ??
RIZKY AGUNG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia