Jawa Pos

Pemkot Tunggu Undangan dari PT KAI

Pembebasan Lahan Terdampak FR

-

SURABAYA – Kelanjutan frontage road (FR) Wonokromo sisi barat kembali dilempar ke PT KAI. Pemkot menyebut tinggal menunggu penyerahan lahan milik PT KAI yang kini masih ditinggali warga. Jika sudah beres, pemkot berjanji mengebut pengerjaan FR Wonokromo.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser mengatakan, saat ini pemkot tinggal menunggu koordinasi dengan PT KAI. Terutama soal pembebasan lahan seluas 1.323 meter persegi itu. Sambil menunggu pembebasan lahan tersebut, pemkot akan terus mencicil pengerjaan proyek yang bakal mengatasi kemacetan di ruas Jalan Wonokromo sisi barat itu. ”Kami sampai sekarang menunggu penyerahan­nya,” ucapnya. Selama ini, pemkot sebenarnya telah berkoordin­asi dengan PT KAI Daop 8 Surabaya. Dari keputusan itu, muncul klausul kesepakata­n untuk sewa nol rupiah.

Seperti data yang dihimpun Jawa Pos, sebelumnya penggunaan lahan PT KAI untuk FR Wonokromo dilakukan dengan sistem sewa. Pemkot dikenai sewa Rp 650 juta. Namun setelah melakukan negosiasi, PT KAI menyepakat­i sewa lahan itu nol rupiah.

Pertimbang­an sewa tanpa pembiayaan itu diputuskan PT KAI atas dasar fungsi FR Wonokromo. Yang diperuntuk­kan kepentinga­n publik. Yakni, mengatasi kemacetan yang sering timbul di pertigaan bawah flyover Mayangkara.

Dari hasil keputusan sewa nol itu, Fikser mengatakan bahwa PT KAI sudah membantu pemkot. Namun, saat ini proses pembanguna­n jalan di lahan PT KAI tersebut belum bisa dilakukan. Sebab, sesuai prosedur, harus ada penyerahan aset.

Sebelumnya, Jawa Pos mempertany­akan proses pembebasan tersebut ke PT KAI Daop 8 Surabaya. Saat itu, Wakil Kepala Daop 8 Surabaya Djainuri menyatakan segera mengundang pemkot untuk membahas lahan yang akan digunakan. Namun, PT KAI belum menjelaska­n kapan realisasi undangan tersebut.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TUNGGU PEMBEBASAN LAHAN: Pekerja membersihk­an sisa puing bangunan yang terdampak proyek FR Wonokromo sisi barat.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TUNGGU PEMBEBASAN LAHAN: Pekerja membersihk­an sisa puing bangunan yang terdampak proyek FR Wonokromo sisi barat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia