Jawa Pos

Makin Ketat di Prodi Favorit

Pendaftara­n SBM PTN Tinggal Empat Hari

-

SURABAYA – Pendaftara­n mahasiswa baru jalur seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) tinggal empat hari lagi. Persaingan pun diprediksi semakin ketat di setiap program studi (prodi) di PTN. Karena itu, pendaftar harus benar-benar jeli dalam menentukan pilihan prodi dan kampus yang akan dituju.

Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Prof Akhmad Fauzi mengatakan, jumlah pendaftar SBM PTN tahun ini meningkat bila dibandingk­an dengan tahun lalu. Tahun ini jumlah pendaftar SBM PTN per pukul 15.45 di UPN mencapai 14.053 orang. ”Jumlah tersebut terus bertambah hingga pendaftara­n ditutup,” katanya.

Total pendaftar sementara tersebut terdiri atas sains dan teknologi (saintek) 7.065 orang serta kelompok sosial dan humaniora (soshum) 6.988 orang.

Fauzi menuturkan, banyak prodi yang tahun lalu memiliki sedikit peminat kini justru masuk tiga besar. Misalnya, prodi agroteknol­ogi fakultas pertanian (FP). Prodi tersebut tahun ini mengalami lonjakan pendaftar mencapai 1.072. Prodi itu justru menjadi urutan pertama denganpemi­natterbany­ak.”Agroteknol­ogi ini tahun lalu tidak masuk lima besar prodi favorit. Sekarang justru paling banyak,” ujarnya.

Urutan kedua diduduki prodi teknik kimia fakultas teknik dengan jumlah pendaftar 998 orang. Kemudian, prodi agribisnis fakultas pertanian 990 orang.

Untuk kelompok soshum, di urutan pertama ada prodi manajemen 1.447 orang. Kemudian, akuntansi 1.102 orang serta ilmu komunikasi 990 orang. ”Hampir rata-rata prodi yang ada memiliki keketatan tinggi,” ujar Fauzi.

Fauzi mengatakan, dalam seleksi SBM PTN tahun ini, UPN Veteran Jatim murni menggunaka­n nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Tidak ada komponen-komponen lain yang digunakan sebagai syarat masuk SBM PTN. ”Bergantung dari nilai UTBK. UPN juga tidak membuat passing grade khusus untuk setiap prodi. Semua bergantung dengan banyaknya pendaftar, kuota, dan nilai UTBK,” jelasnya.

Tahun ini UPN menerima mahasiswa baru jalur SBM PTN 50 persen dari 3.660 kursi atau 1.830 mahasiswa. Sebelumnya, UPN juga sudah menerima maba jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 20 persen dari total kuota yang dibuka. ”Sisanya jalur mandiri 30 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaa­n Kuliah Bersama ITS Unggul Wasiwitono mengatakan, pendaftar SBM PTN di ITS sudah mencapai 8.000-an orang. Itu termasuk pilihan 1 dan 2. ”Prodi paling favorit berada di teknik informatik­a, teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, dan sistem informasi,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia