Jawa Pos

Instalasi Manusia Modern dan Kendali Diri

-

SURABAYA – Sebuah kuda lumping yang disambungk­an dengan traktor manual kecil diletakkan di tengah ruang Galeri Prabangkar­a kemarin (20/6). Traktor tersebut tidak digunakan untuk membajak sawah. Hiasan payung emas dan untaian melati memperinda­h tampilanny­a. Ya, benda itu adalah instalasi bernama Kendali Sodo. Instalasi sepanjang lebih dari 2 meter tersebut merupakan salah satu karya seniman asal Kediri Saifuddin.

Kendali Sodo lahir dari kegelisaha­n Pupud –sapaan akrab Saifuddin– tentang manusia modern dan pengendali­an diri yang semakin rentan. ”Sekarang makin banyak orang yang mudah marah, sumbu pendek,” tuturnya.

Pupud berusaha mengajak penikmat karyanya untuk kembali menilik warisan tradisi yang ada. Mulai kuda lumping dari sisi pertunjuka­n budaya hingga traktor manual yang merupakan alat untuk bekerja dalam budaya masa lalu.

Kuda lumping lekat dengan filosofi kerja keras, pemberani, dan pantang menyerah, tapi tetap berserah pada kekuatan yang lebih besar daripada manusia. ”Alat traktor ini juga sudah dirancang nenek moyang sebaik-baiknya lho agar penerusnya belajar dan berusaha,” jelasnya.

Pupud bukan satu-satunya seniman yang unjuk gigi dalam pameran bertajuk Janur Gunung itu. Deretan lukisan memenuhi tiga ruang pamer di kawasan Genteng Kali tersebut. Ari Berta Galung, misalnya. Pria 33 tahun itu menampilka­n lukisan realis berjudul The Clown yang menggambar­kan seorang perempuan dengan cat tubuh di wajah dan tangannya. ”Lukisan ini terinspira­si fenomena akun anonim di media sosial. Yang membuat siapa saja bisa berpendapa­t tanpa menunjukka­n jati dirinya,” ujarnya.

Pameran Janur Gunung digagas Komunitas Perupa Kediri sebagai ajang perkenalan mereka ke masyarakat Surabaya. Janur Gunung diambil dari frasa bahasa Jawa yang dapat diartikan ”di luar kebiasaan”. Pameran itu disiapkan sejak September 2018.

 ?? RETNO DYAH/JAWA POS ?? SARAT MAKNA: Pengunjung dan seniman asal Kediri mengamati instalasi berjudul Kendali Sodo dalam pameran Janur Gunung di Galeri Prabangkar­a, Genteng Kali, kemarin (20/6).
RETNO DYAH/JAWA POS SARAT MAKNA: Pengunjung dan seniman asal Kediri mengamati instalasi berjudul Kendali Sodo dalam pameran Janur Gunung di Galeri Prabangkar­a, Genteng Kali, kemarin (20/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia