Jawa Pos

ENDGAME JADI NOMOR SATU

Berhasil Rebut Titel Avatar

-

SAN DIEGO, Jawa Pos – Pemilik kursi no 1 itu akhirnya berganti. Setelah 10 tahun, ’’takhta’’ film berpendapa­tan tertinggi sepanjang sejarah yang dimiliki Avatar (2009) akhirnya harus diberikan kepada Avengers: Endgame (2019).

Kabar itu diungkapka­n secara langsung oleh bos Marvel Studios Kevin Feige di Comic-Con, San Diego, Sabtu sore waktu setempat (20/7). ’’Kami dapat kabar bahwa Endgame

akan jadi film #1 sepanjang masa dalam hitungan hari saja,’’ ucapnya membuka panel Marvel di hall H.

Hingga pekan kedua Juli, film superhero besutan Joe dan Anthony Russo itu memang tertinggal USD 500 ribu (Rp 6,97 miliar) dari rekor Avatar. Namun, pekan ini mereka sukses ngebut. Pada pekan ketiga Juli, film tersebut mendapat tambahan USD 2 juta (Rp 27,87 miliar) ketika Disney merekonsil­iasi penghasila­n global. Jika ditotal, Avengers: Endgame sudah melampaui rekor Avatar dengan kisaran angka USD 2,8 miliar (sekitar Rp 39 triliun).

Memang belum ada jumlah pasti dari total pendapatan. Sebab, penghitung­an secara resmi dilakukan setelah pendapatan box office akhir pekan ditutup Minggu. Namun, sudah bisa dipastikan Endgame menggeser film karya sutradara James Cameron itu.

Kabar tersebut mendapat sambutan hangat dari co-chairman

sekaligus CCO Disney Alan Horn. Dia mengucapka­n selamat kepada tim Marvel Studios. ’’Terima kasih juga buat fans di seluruh dunia yang mengangkat Avengers: Endgame ke puncak tertinggi yang bersejarah. Kami menantikan kelanjutan jagat film Marvel serta dunia Pandora tentunya,’’ paparnya dalam pernyataan resmi.

Horn mengungkap­kan, meski kini ada di posisi kedua, pengaruh besar James Cameron dan Avatar tetap sulit disaingi film-film lainnya. Pujian itu tidak terlepas dari akuisisi Fox oleh Disney yang membuat Avatar masuk jajaran franchise Disney.

Marvel Studios juga tidak mandek di Avengers: Endgame

saja. Dalam panel Comic-Con, Feige menyatakan, Marvel universe akan masuk ke babak baru, Phase 4. ’’Infinity Saga telah rampung dan lengkap,’’ tegasnya. Pihak Marvel bakal memperkena­lkan rangkaian proyek baru, baik yang berupa film maupun serial yang tayang di Disney+, layanan video-on-demand yang segera dirilis. Beberapa superhero yang kerap menjadi sidekick pun segera punya proyek film maupun serialnya sendiri.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? SUMBER: BOXOFFICEM­OJO ??
SUMBER: BOXOFFICEM­OJO
 ?? MARVEL STUDIOS 20TH CENTURY FOX ??
MARVEL STUDIOS 20TH CENTURY FOX

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia