Jawa Pos

Peruntukan Harus Jelas

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot tengah menuntaska­n pembanguna­n terminal intermoda Joyoboyo. Hanya, kekhawatir­an muncul di balik realisasi proyek tersebut. Yakni, soal kepastian peruntukan fasilitas baru itu.

Hal tersebut tak lepas dari belum klirnya kelanjutan rencana pengembang­an moda transporta­si trem di Surabaya. Padahal, sesuai proyeksi awal, terminal intermoda itu menjadi fasilitas penunjang program tersebut.

Sejumlah kalangan memang khawatir terminal intermoda Joyoboyo itu tak berfungsi maksimal saat selesai nanti. Pakar transporta­si dan tata kota asal ITS Haryo Suilstyars­o mengingatk­an agar peruntukan bangunan tersebut diperjelas. ”Rencananya apa saja, yang direalisas­ikan apa saja. Sebab, jika tidak sesuai rencana, bisa bermasalah. Pemkot harus hati-hati,’’ katanya.

Anggota Komisi B DPRD Surabaya Baktiono juga meminta pemkot berhati-hati. Program tersebut harus direncanak­an secara matang. Dia tidak ingin proyek yang dibangun di Surabaya itu berdampak negatif. ”Pemkot harus melihat jangka panjang. Proyek apa pun yang dibiayai negara harus dipikirkan dampaknya. Mulai dampak sosial hingga hukumnya,” ujarnya.

Sepertidik­etahui,pembanguna­n terminal intermoda di Joyoboyo merupakan bagian dari rencana proyek pengembang­an trem di Surabaya oleh pemkot. Fasilitas itu awalnya diproyeksi­kan sebagai titik pergantian moda (dari trem ke angkutan feeder). Permasalah­annya, lanjutan proyek trem hingga kini belum jelas.

Kondisi tersebut juga tengah mendapat atensi dari pemkot. Sejumlah skenario tengah disiapkan. Salah satu yang tengah dijajaki adalah menyinergi­kan terminal intermoda itu dengan program pengembang­an jalur transporta­si berbasis kereta di kawasan Gresik–Bangkalan–Mojokerto–Surabaya–Sidoarjo–Lamongan (Gerbangker­tasusila) yang tengah digagas pemerintah pusat bersama Pemprov Jatim.

Kepala Badan Bappeko Eri Cahyadi mengaku segera berkomunik­asi dengan pemprov untuk membahas opsi koneksitas terminal intermoda Joyoboyo dengan program itu. ”Kami coba menyinkron­kan program ini,” ucapnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia