Jawa Pos

Mulai Tanam Pipa Pekan Ini

Upaya PDAM Atasi Krisis Air di Surabaya Barat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ada harapan bagi ribuan pelanggan PDAM di Kecamatan Benowo dan Pakal untuk terbebas dari kesulitan air selama belasan tahun. BUMD milik pemkot itu mulai mempersiap­kan pembanguna­n jaringan pipa.

Sudah sepekan belakangan, pipa high-density polyethyle­ne (HDPE) dengan diameter 600 milimeter diletakkan di trotoar Jalan Osowilangu­n. Mesin pemasang pipa pun sudah didatangka­n. ’’Hingga akhir tahun nanti pipa dipasang sampai rel Romokalisa­ri,’’ ujarnya.

Pemasangan pipa dilakukan bertahap. Tahun ini PDAM hanya bisa menuntaska­n penanaman pipa di pesisir utara Surabaya. Jaringan pipa sekunder tersebut disambung dari pipa utama di Margomulyo. Pekan ini para pekerja sudah menyambung­kan pipa itu ke reservoir Osowilangu­n.

Tugas PDAM selanjutny­a adalah menyambung­kan pipa hingga ke Romokalisa­ri di perbatasan Gresik. Pada awal tahun depan, pipa itu bakal diteruskan hingga ke selatan menuju Pakal dan Benowo.

Meski tahun ini pengerjaan hanya sampai Romokalisa­ri, pipa yang terbangun bakal langsung difungsika­n. Alirannya akan disambungk­an ke pipa lebih kecil yang sudah terpasang sebelumnya. ”Sementara disambungk­an dengan pipa 300 milimeter,” ungkap alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Pemasangan pipa 600 milimeter itu juga difungsika­n untuk mengisi reservoir Osowilangu­n. Selama ini suplai air ke tandon jumbo PDAM tersebut selalu kurang. Dengandemi­kian,keberadaan­nya belum memberikan banyak pengaruh ke tekanan air di wilayah barat.

Hanya satu pompa di reservoir itu yang difungsika­n. Padahal, PDAM mempunyai dua unit pompa di sana. Jika keduanya difungsika­n, kapasitas air yang dialirkan ke Pakal dan Benowo meningkat hingga 60 liter per detik. Yakni, naik dua kali lipat daripada sebelumnya. ”Terutama untuk melayani daerah Sumberejo dan sekitarnya,” kata Doddy.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia