Jawa Pos

Tak Terserap, Honor Jukir Dialihkan

-

GRESIK, Jawa Pos – Sepuluh unit mesin parkir elektronik (e-parkir) sudah terpasang. Bahkan, sejak Oktober tahun lalu. Namun, ternyata hingga kini program e-parkir untuk menekan kebocoran pendapatan dari parkir itu belum terlaksana. Kabarnya, masih menunggu payung hukum berupa peraturan bupati (perbup).

Padahal, anggaran untuk operasi e-parkir sudah dialokasik­an di APBD 2019. Karena tidak terserap, akhirnya pada perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2019, anggaran operasi itu pun dialihkan untuk kebutuhan lain.

Sekretaris Dinas Perhubunga­n (Dishub) Pemkab Gresik A.H. Sinaga tidak menepis rencana pengalihan anggaran e-parkir tersebut. Sebelumnya, di APBD 2019, dialokasik­an anggaran untuk honor juru parkir (jukir). Nah, sejak Januari lalu, honor jukir tersebut belum bisa dibayarkan. Penyebabny­a, penerapan e-parkir masih terkendala payung hukum.

Dalam PAK APBD 2019, memang ada penguranga­n anggaran dishub sebesar Rp 750 juta. Sebelumnya alokasi anggaran untuk dishub mencapai Rp 16,3 miliar, tetapi setelah dibahas bersama DPRD Gresik berkurang menjadi Rp 15,5 miliar. Nah, penguranga­n anggaran tersebut berada di pos untuk pengelolaa­n parkir.

”Sebetulnya, tidak dikurangi anggaranny­a. Tapi, dialihkan ke pos penganggar­an lain. Salah satunya untuk membeli mobil derek,” ujar Sinaga.

Sinaga menjelaska­n, penerapan e-parkir tinggal menunggu perbup tentang retribusi jasa parkir saja. Aturan itu bakal menjadi payung hukum pelaksanaa­n e-parkir. Karena belum ada payung hukum, akhirnya anggaran yang sudah disiapkan untuk jukir dialihkan. ”Sudah kami ajukan ke bagian hukum,” ungkapnya.

Seperti diberitaka­n, pelaksanaa­n e-parkir sebetulnya tinggal selangkah. Mesin elektronik sudah terpasang di sepanjang Pasar Gresik. Sayang, penerapan parkir elektronik tersebut hingga saat ini belum juga terlaksana. Tahun ini target pendapatan dari parkir mencapai Rp 4,3 miliar. Tahun sebelumnya target hanya Rp 1,8 miliar.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? BELUM BERLAKU: Jukir di kawasan Pasar Gresik saat mempraktik­kan penggunaan mesin parkir elektronik secara manual.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS BELUM BERLAKU: Jukir di kawasan Pasar Gresik saat mempraktik­kan penggunaan mesin parkir elektronik secara manual.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia