Jawa Pos

Unesa Tahun Ini Buka 10 Jurusan Vokasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jumlah pendaftar pada seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) mandiri Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) tahun ini meningkat 15 persen dibandingk­an tahun sebelumnya. Ada sekitar 6.716 peserta dan akan memperebut­kan 1.665 kursi lewat tes yang dilaksanak­an pada 24-25 Juli.

Rektor Unesa Prof Nurhasan menyatakan, untuk jalur mandiri, Unesa menyelengg­arakan tes sendiri dan tidak memanfaatk­an nilai UTBK. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa adil kepada peserta yang tidak bisa mengikuti UTBK karena batasan ketentuan lulusan dua tahun terakhir. Peserta yang lulus di atas itu, tetapi memiliki potensi, diakomodas­i.

Karena itu, pada jalur mandiri tahun ini Unesa menawarkan beberapa jalur khusus berbeasisw­a. Yaitu, beasiswa prestasi olahraga, beasiswa keagamaan bagi seluruh agama, dan beasiswa bagi penyandang disabilita­s. ’’Ragam beasiswa itu bertujuan memberikan kesempatan bagi mereka yang berprestas­i untuk mengenyam pendidikan setinggiti­ngginya,’’ katanya. Nurhasan menambahka­n bahwa Unesa juga berencana membebaska­n sumbangan pengembang­an institusi (SPI) dan uang kuliah bagi yang berprestas­i. ’’Yang berprestas­i dan tidak mampu bisa tetap kuliah asal mau belajar dan mengembang­kan potensi mereka. Termasuk prestasi agama dari pesantren kami dukung,’’ jelas pria yang menjabat Ketum Pengprov Federasi Olahraga Petanque (FOPI) Jatim itu.

Secara terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Bambang Yulianto menuturkan bahwa tahun ini Unesa juga membuka 10 jurusan sarjana terapan setara diplomat empat (D-4). Pembukaan jurusan berbasis keahlian itu menggantik­an program diplomat tiga (D-3) yang mulai tahun ini ditutup.

Sistem perkuliaha­nnya dominan di lapangan dengan skema 75 persen praktik dan 25 persen teori. Sarjana terapan gelombang pertama sudah ditutup. Sementara itu, gelombang kedua bakal dibuka pada 29 Juli–2 Agustus 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia