Jawa Pos

Berterima Kasih kepada Semesta

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kemeriahan terlihat di Jalan Tidar kemarin (21/7). Seluruh warga RW 7, Kelurahan Tembok Dukuh, Bubutan, tumplek bleg di jalan untuk memeriahka­n sedekah bumi. Yang paling ditunggu adalah acara puncaknya. Yakni, berebut isi gunungan buah dan uang.

Warga mulai berdatanga­n pukul 06.30. Sebagian dari mereka yang terlibat kepanitiaa­n sibuk menyiapkan acara. Terutama ibu-ibu. Ada yang membungkus buah, mengurus jajanan, atau membagikan nasi kotak kepada para undangan. ’’Monggo, Pak,’’ kata seorang ibu, mempersila­kan tamu yang datang.

Beberapa warga lain juga membantu mempersiap­kan acara arakarakan. Setidaknya ada sepuluh becak yang disiapkan untuk membawa tumpeng dari tiap RT. Becakbecak itu juga dihias agar terlihat lebih meriah.

Arak-arakan dimulai sekitar pukul 08.00. Penari reog Ponorogo berada di barisan depan untuk memimpin arak-arakan. Disusul pembawa payung, pembawa bendera, dan ibu-ibu PKK di RW 7, Kelurahan Tembok Dukuh.

Mereka melewati Jalan Tidar, Jalan Patua, Jalan Kalibutuh, lalu kembali ke Jalan Tidar. Total waktu yang dibutuhkan hanya 30 menit. Di sana sudah banyak warga yang menunggu. Sebab, di Jalan Tidar itulah puncak acara arak-arakan berlangsun­g. Warga akan berebut gunungan buah, uang, dan jajanan setelah didoakan. Tumpeng yang diarak itu juga dibagikan.

Ketua RW 7 Moh. Zuhri menjelaska­n, sedekah bumi diadakan setiap tahun di wilayahnya. Tujuannya, mensyukuri pemberian Tuhan kepada warga RW 7, Kelurahan Tembok Dukuh. ’’Juga untuk mempererat kebersamaa­n warga di sini,’’ ujarnya.

Banyak rangkaian acara selama berlangsun­gnya sedekah bumi dalam empat hari terakhir. Di antaranya, pengajian akbar, tahlilan di pesarean Raden Ayu Pandan Sari, dan arak-arakan. ’’Ini juga jadi upaya kami untuk melestarik­an budaya di tengah kota metropolit­an seperti Surabaya,’’ tambah Zuhri.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? JADI PEMBUKA: Rombongan reog Ponorogo di barisan terdepan arak-arakan yang melintasi Jalan Tidar, Jalan Patua, Jalan Kalibutuh, lalu kembali ke Jalan Tidar.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS JADI PEMBUKA: Rombongan reog Ponorogo di barisan terdepan arak-arakan yang melintasi Jalan Tidar, Jalan Patua, Jalan Kalibutuh, lalu kembali ke Jalan Tidar.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BEREBUT: Warga RW 7, Kelurahan Tembok Dukuh, memperebut­kan buah dan jajanan dalam acara sedekah bumi kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BEREBUT: Warga RW 7, Kelurahan Tembok Dukuh, memperebut­kan buah dan jajanan dalam acara sedekah bumi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia