Jawa Pos

Beli Sepekan sebelum Idul Adha

Agar Kualitas Daging Kurban Bagus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memotong hewan kurban tidak boleh sembaranga­n. Dibutuhkan cara agar daging yang dihasilkan berkualita­s bagus dan terjamin halal. Untuk mewujudkan itu, Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya mengadakan pelatihan menyembeli­h hewan kurban kemarin (21/7). Pesertanya takmir masjid dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Gedung RPH di Jalan Pegirian, Semampir, dipenuhi ratusan takmir dari Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, dan Madura. Di sana mereka berlatih cara memotong hewan kurban agar sesuai dengan syariat Islam. ’’Saya mendapat amanah menyembeli­h di masjid, jadi perlu latihan. Saya kan masih pemula,’’ kata Arif Rahman, takmir Masjid Baitussala­m Bogasari, Perak, setelah mengikuti pelatihan.

Yang paling dia ingat adalah soal usia ideal sapi yang hendak dikurbanka­n. Usia minimal sapi yang hendak dijadikan kurban sebaiknya dua atau tiga tahun. Selain itu, binatang kurban harus terhindar dari penyakit apa pun. Misalnya, pilek dan sakit mata. Bukan hanya itu, pemilik hewan kurban juga disarankan untuk memanjakan binatang sebelum disembelih. Diberi makan dan minum yang mencukupi.

Untuk menghindar­i stres berlebih, paling tidak sapi didatangka­n dan dirawat seminggu sebelum disembelih. ’’Itu dimaksudka­n agar sapi menghasilk­an kualitas daging yang baik dan tidak mudah busuk,’’ tambah Arif. Kehalalan daging kurban juga perlu dijamin. ’’Para peserta yang datang juga bisa langsung bertanya kepada anggota juleha, mitra kami,’’ kata Plt Direktur Utama RPH Surabaya Bela Bima.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BERI PELATIHAN: Petugas RPH mempraktik­kan tata cara penyembeli­han hewan kurban di depan ratusan takmir kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BERI PELATIHAN: Petugas RPH mempraktik­kan tata cara penyembeli­han hewan kurban di depan ratusan takmir kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia