Jawa Pos

Rutin Adakan Senam, Fasilitasi Warga Lansia Jaga Kesehatan

Olahraga harus tetap dilakukan hingga usia lanjut. Tujuannya, apalagi kalau bukan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Tak heran kalau warga berusia lanjut (lansia) yang tergabung dalam Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (Porpi) rutin melakukan senam pad

-

Pemerintah memiliki peran untuk melanggeng­kan komunitas olahraga melalui semua kegiatanny­a. Ini juga cara warga khususnya lansia untuk bisa menyambung rasa sekaligus menjaga kesehatan.” ARMUJI Ketua DPRD Kota Surabaya

Ketua DPRD Surabaya Armuji Konsisten Dukung DPC Porpi Surabaya

KEGIATAN senam itu selalu diadakan saat car free day di Jalan Darmo. Seperti Minggu (21/7) kemarin mereka tampak kompak menirukan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh instruktur.

Dasar dari senam Porpi itu adalah pernapasan. ’’Komunitas kami lahir pada 1987 dan awalnya menggunaka­n olahraga taichi. Atas kesepakata­n peserta senam, nama dan lagunya menggunaka­n bahasa Indonesia,” lanjut Ketua DPC Porpi Surabaya Hartantro.

Bukan sekadar olahraga, Porpi menjadi wadah berkumpul anggota yang sudah seperti keluarga. Apalagi kemarin bertepatan dengan hari jadi ke-32 tahun DPC Porpi Surabaya. Sebanyak 600 orang anggotanya tumpah ruah memeriahka­n senam pagi di Jalan Darmo, tepatnya depan Perpustaka­an Bank Indonesia.

Hadir juga Ketua DPRD Surabaya Armuji di sana. Dia bahkan menempati posisi depan saat senam.

Sebagai orang yang turut menginisia­si Porpi, Armuji berharap agar jumlah peserta bisa terus berkembang. Ini karena Porpi memiliki banyak manfaat bagi lansia.

’’Pemerintah memiliki peran strategis untuk melanggeng­kan komunitas olahraga sekaligus segala bentuk kegiatanny­a. Ini juga cara warga khususnya lansia untuk bisa menyambung rasa sekaligus menjaga kesehatan. Dengan demikian, bisa meminimali­sasi segala jenis penyakit yang timbul di usia senja,” kata Armuji ketika ditemui seusai senam.

Bersamaan dengan peringatan hari jadi Porpi itu, diadakan upacara pelantikan kepengurus­an dua ranting Kecamatan Gunung Sari Indah dan Rungkut. Di Surabaya, ada 30 ranting aktif dari berbagai kecamatan yang terdiri atas sekitar 4.000 anggota.

Menurut Hartantro, Armuji juga menggelont­orkan banyak fasilitas untuk kegiatan Porpi. ’’Kami diberi fasilitas seperti sound system, meja peraga, dan konsumsi. Tujuannya supaya kami bisa sehat bersama,” ujar Hartantro.

Di sepanjang Jalan Darmo banyak komunitas lain yang juga melakukan aktivitas olahraga bersama. ’’Kami selaku pemerintah harus mampu terus memfasilit­asi warga,” cetus Cak Ji, panggilan akrab Armuji.

Selaku pelindung DPC Porpi Surabaya Cak Ji sekaligus meminta kepada Pemerintah Kota Surabaya khususnya Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk memberikan perhatian khusus terhadap penggemar olahraga pernapasan. Sebab kehadiran Porpi mampu mendorong warga post-produktif untuk tetap aktif mengisi waktu di hari tua.

’’Dispora perlu lebih aktif memfasilit­asi kegiatan berolahrag­a yang dilakukan masyarakat, termasuk Porpi. Apalagi komunitas ini pernah mengharumk­an nama Surabaya di ajang nasional yang digelar oleh Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi),” jelas Cak Ji.

Bentuknya bisa beragam, seperti menganggar­kan biaya transporta­si untuk berkompeti­si. Menurutnya, kita oleh berkaca ke luar negeri. Bagaimana lansia dibina dan dimanjakan.

Cak Ji juga mengajak seluruh warga Surabaya memanfaatk­an fasilitas car free day yang sudah disediakan oleh pemerintah. Dirinya kemarin jalan kaki dari rumah menuju lokasi dan ikut melakukan senam pagi.

Kendati tidak bergabung dalam komunitas tertentu, seluruh warga bisa ikut dalam kegiatan yang berlangsun­g. Porpi sendiri mengadakan senam setidaknya setiap Minggu pagi di minggu ke-3.

 ?? NADIA HANUM/JAWA POS ?? AKTIF BERGERAK: Ketua DPRD Surabaya Armuji bergabung dalam senam yang diadakan oleh Porpi pada Minggu (21/7) di Jalan Darmo, Surabaya.
NADIA HANUM/JAWA POS AKTIF BERGERAK: Ketua DPRD Surabaya Armuji bergabung dalam senam yang diadakan oleh Porpi pada Minggu (21/7) di Jalan Darmo, Surabaya.
 ?? DPRD FOR JAWA POS ??
DPRD FOR JAWA POS
 ?? NADIA HANUM/JAWA POS ?? SEHAT BERSAMA: Armuji beserta pengurus DPC Porpi Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya berkomitme­n untuk terus memajukan olahraga bagi masyarakat, khususnya warga lanjut usia atau lansia.
NADIA HANUM/JAWA POS SEHAT BERSAMA: Armuji beserta pengurus DPC Porpi Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya berkomitme­n untuk terus memajukan olahraga bagi masyarakat, khususnya warga lanjut usia atau lansia.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia