Jawa Pos

Jaga Soliditas Koalisi Pendukung Pemerintah

Tiga Ketum Partai Temui Surya Paloh

-

JAKARTA – Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mendapat kunjungan tiga ketua umum partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf di kantornya kemarin. Pertemuan itu memantik dugaan adanya pembahasan dua isu sentral yang banyak menyita perhatian parpol akhir-akhir ini. Yakni, permintaan jatah kursi menteri dan perebutan jabatan pimpinan MPR.

Tiga Ketum parpol itu adalah Muhaimin Iskandar (PKB), Suharso Monoarfa (PPP), dan Airlangga Hartarto (Golkar). Awalnya mereka datang secara bergiliran mulai siang hingga sore dan melakukan pertemuan terpisah. Namun, tadi malam mereka kembali melakukan pertemuan bersama secara tertutup.

Saat dikonfirma­si, Muhaimin mengatakan bahwa pertemuan tersebut hanya silaturahm­i biasa. Tujuannya adalah menjaga kekeluarga­an dan kebersamaa­n parpol Koalisi Indonesia Kerja (KIK) pendukung Jokowi-Ma’ruf. Kehadirann­ya juga bertujuan untuk menyampaik­an ucapan ulang tahun kepada Surya Paloh. ”Pak Surya kan ulang tahun. Meskipun terlambat datang, ya happy-happy aja. Belum perbincang­an serius,” ujarnya.

Ditanya soal perebutan kursi pimpinan MPR, Muhaimin enggan menjawab. Menurut dia, komposisi paket pimpinan MPR belum dibahas di kalangan parpol koalisi. Arah koalisi ke depan juga belum dibicaraka­n. ”Pokoknya solid dulu. Hanya itu,” ungkapnya. Terkait komposisi kabinet, Muhaimin memastikan bahwa persoalan itu akan dibahas presiden bersama parpol koalisi.

Di bagian lain, Suharso mengungkap­kan bahwa kursi pimpinan MPR sempat disinggung dalam pertemuan tadi malam. Termasuk di antaranya kemungkina­n bergabungn­ya beberapa partai pengusung Prabowo-Sandi ke dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Sebab, beberapa hari terakhir mencuat kabar sejumlah parpol eks Koalisi Adil Makmur ingin bergabung ke pemerintah­an. ”Itu juga kami bicarakan. Tapi, belum ada keputusan,” tutur Suharso.

Dia juga memastikan tidak ada ketegangan di antara parpol koalisi dalam perebutan kursi pimpinan MPR. Pertemuan kemarin sekaligus sebagai penajaman hubungan koalisi dalam membangun pemerintah­an yang efektif ke depan. ”Nggak ada gesekan, nggak ada yang membelot,’’ terang mantan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat itu.

Senada, Surya Paloh menjelaska­n bahwa kehadiran rekan-rekannya kemarin hanya bertujuan untuk mengucapka­n selamat ulang tahun. Megawati Soekarnopu­tri sebenarnya juga diundang. Namun, Ketum PDIP itu tidak bisa hadir dengan alasan sibuk menyiapkan Kongres Ke-5 PDIP di Bali Agustus nanti. ”Saya baru saja merayakan ultah ke-68 tahun. Jadi, junior-junior saya ini hadir untuk ucapkan selamat ulang tahun,’’ ucapnya.

Meski demikian, bos Media Group itu tidak menyangkal salah satu isi pertemuan adalah menyinggun­g tentang pimpinan MPR. Tetapi, pembicaraa­n tidak sampai tahap mengambil keputusan.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? KOALISI INDONESIA KERJA: Deretan depan dari kiri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa menggelar konferensi pers setelah pertemuan di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS KOALISI INDONESIA KERJA: Deretan depan dari kiri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa menggelar konferensi pers setelah pertemuan di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia