Jawa Pos

Pendiri APB Itu Bernama Asad Shahab

-

AKUN Facebook Djazuli Hasyim Asyari (fb.com/ djazulihas­yim.asyari) mengunggah foto lawas Soekarno yang diapit tiga orang. Pria di sebelah kiri diberi tanda lingkaran. Katanya, pria itu adalah ayah Habib Rizieq Shihab.

”Yg di lingkaran Warna biru adalah Habib Husen Bin Syihab ayahanda dari Habib Riziq Syihab yg membantu memproklam­atorkan kemerdekaa­n NKRI.” Begitu penggalan narasi yang melengkapi foto itu. Disebutkan juga bahwa ayah Rizieq Shihab adalah pendiri Arabian Press Broadcasti­ng (APB).

Faktanya, pendiri APB adalah Asad Shahab, bukan Asad Syihab. Foto serupa pernah diunggah portal news.detik.com untuk melengkapi berita berjudul Asad Shahab dan APB Kabarkan Proklamasi RI ke Timur Tengah. Berita itu terbit pada 17 Agustus 2017. Asad Shahab lahir di Jakarta dari keluarga Betawi berdarah Arab.

Dalam ulasannya, Asad Shahab menamai kantor berita yang dimaksud dengan nama Arabian Press Board (APB). Kantor berita itu didirikan pada 2 September 1945. Saat itu, APB menerbitka­n buletin dalam tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Arab. Anda bisa membaca ulasan tersebut di bit.ly/AsadShahab­APB.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia