Jawa Pos

Terusik Rencana Kenaikan Gaji Mbappe

-

RENCANA tukar guling antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Real Madrid untuk Neymar dan Gareth Bale belum terwujud. Tapi, Neymar sudah terusik di Camp des Loges, sebutan kamp latihan PSG. Statusnya sebagai pemain dengan gaji tertinggi di Les Parisien, julukan PSG, bakal tergusur oleh Kylian Mbappe.

Gaji Neymar per musim sebesar EUR 30 juta (Rp 469 miliar). Nah, dengan adanya rencana PSG untuk memperbaru­i kontrak Mbappe, di situlah ada kans menggeser Neymar. Sebab, Mbappe akan mendapatka­n gaji per musim sebesar EUR 50 juta (Rp 781,6 miliar).

Perbaruan kontrak dengan melipatgan­dakan gaji itu sebagai upaya memagari Donatello, julukan Mbappe, dari rayuan klub-klub elite Eropa lainnya. Termasuk Real. Meski, dilansir dari Le Parisien, Pemain Terbaik Prancis 2018 itu belum memikirkan perbaruan kontrak yang tuntas pada 2022 tersebut. ”Kylian (Mbappe) akan jadi sosok utama dalam proyek PSG untuk musim 2019–2020,” sebut entraineur PSG Thomas Tuchel, sebagaiman­a dikutip Foot Mercato.

Mbappe musim lalu sudah membuktika­n bahwa dirinya layak mendapatka­n bayaran tertinggi. Termasuk suksesnya menjadi pencetak gol terbanyak Ligue 1.

Gelandang serang PSG Julian Draxler juga mengungkap­kan bahwa PSG takkan terkena imbas negatif jika kehilangan O Joia, julukan Neymar. Faktanya, Tuchel tak menyertaka­n nama Neymar dalam skuad pramusimny­a kali ini. Jule, sapaan akrab Draxler, jadi pengisi posisi Neymar.

”Saya sudah bermain di berbagai posisi selama di PSG. Jadi, saya tak pernah merasa jika peran saya selalu dikaitkan dengan Neymar,” klaim Draxler, dikutip Goal. ”Tanpanya (Neymar, Red), kami masih mampu,” sambung pemain timnas Jerman itu.

Neymar senasib dengan Gareth Bale, berbandero­l pemain mahal, tapi meredup musim lalu. Selain dari sisi bayaran per musim, Neymar tak lagi banyak di-update di akun media sosial PSG. Baik Twitter maupun Instagram. Bahkan saat dia kali pertama bergabung latihan di Camp des Loges.

”Selagi belum ada tawaran konkret, Neymar tetap bersama kami. Dia tetap pemain PSG,” tegas Direktur Olahraga PSG Leonardo Araujo. Bakal jadi bagian dari tukar guling antara sesama pemain termahal dunia, Neymar. Kebetulan, Real juga dikaitkan dengan Neymar yang tak betah di Camp des Loges, kamp latihan PSG. Dalam rencana tukar guling itu, Real harus menambah EUR 90 juta (Rp 1,4 triliun). Masih ada peluang mendulang uang besar meski tak bermain di Eropa. Dua klub di Liga Super Tiongkok (CSL), Beijing Guoan dan Jiangsu Suning, diklaim bersedia menggajiny­a GBP 1 juta (Rp 17,3 miliar) per pekan. Lalu, Shanghai Shenhua GBP 350 ribu per pekan (Rp 6,08 miliar). lebih dari dua kali lipat bayaran setelah dipotong pajak di Real. Di Santiago Bernabeu, markas Real Madrid, Bale menerima upah GBP 350 ribu (Rp 6,08 miliar) per pekan. ’’Dia

(Bale, Red) bisa menambah kekuatan kami,’’ kata nakhoda Guoan Roger Schmidt dikutip dari situs resmi CSL. Bukan cuma Guoan dan Suning, Shanghai Shenhua juga diklaim masuk daftar peminat pemain berjuluk Si Penyihir dari Wales itu. Nah, tiga raksasa Tiongkok tersebut punya waktu sepekan ke depan sebelum deadline bursa transfer CSL pada 31 Juli mendatang. Dan, kemarin WIB (22/7) Jonathan Barnett selaku agen Bale dikabarkan terbang ke Tiongkok guna memperjuan­gkan Belum juga mendapatka­n pemain yang berposisi sebagai winger. Setelah ditinggalk­an Franck Ribery dan Arjen Robben, upaya Bayern untuk memulangka­n Leroy Sane juga masih buntu. Jadi, Bale adalah opsi yang menjanjika­n. nasib klien termahalny­a itu. Meski, tak disebutkan dengan klub mana dia bernegosia­si. Jika lancar, Bale bisa menjadi pemain klub dari lima liga elite Eropa yang pergi ke CSL musim panas ini. Bale akan mengikuti Marko Arnautovic (West Ham/Shanghai SIPG), Stephan El Shaarawy (AS Roma/Shanghai Shenhua), dan Salomon Rondon (West Brom/Dalian Yifang). Tetapi, Bale yang bernilai EUR 100 juta (Rp 1,56 triliun) tak bisa disamakan dengan ketiganya.

’’Apa rencanaku sekarang? Saya masih duduk manis di sofa sedang menyaksika­n British Open (kejuaraan golf),’’ ucap Barnett kepada ABC. ’’Saya tak khawatir dengan masa depan Bale, tanya sendiri ke (Zinedine) Bisa jadi opsi saat negosiasi untuk mendapatka­n Romelu Lukaku terancam gagal. Bale bisa diplot sebagai pengganti Lukaku. Sebab, selama memperkuat Los Merengues, julukan Real, Bale pernah 33 kali bermain sebagai striker. Zidane kenapa dia saat ini begitu keras kepada Bale,’’ lanjutnya. Sumber ESPN menyebut Real bisa melepas Bale dengan cuma-cuma untuk menyelamat­kan ruang ganti. Terlebih setelah perang kata-kata antara Zidane dan Barnett Minggu lalu (21/7).

Nah, meski nantinya ’’terbuang” ke Tiongkok, Bale belum menjadi pemain berbandero­l termahal dunia yang reputasiny­a anjlok begitu cepat. Sebab, pemain terbaik Wales 2012–2013 tersebut baru enam tahun menyandang status sebagai pemain termahal dunia. Kaka lebih cepat anjloknya setelah pada musim panas 2014 merapat ke klub Major League Soccer (MLS) Orlando City. Padahal, status termahal baru dia sandang pada 2009 setelah dibeli Real dari AC Milan.

Mantan Presiden Real Ramon Calderon mengklaim tak mustahil bagi Real melepas Bale ke Tiongkok. ’’Saya pikir dalam kasus ini solusi terbaik adalah meminjamka­nnya,’’ kata Calderon kepada Sky Sports.

Bek kiri Real Marcelo mengungkap apa yang jadi kendala Bale bertahan di Valdebebas, kamp latihan Real. Ya, faktor bahasa jadi penyebabny­a. ’’Bale tak bisa (berbicara dengan bahasa Spanyol). Dia hanya berbicara bahasa Inggris. Kami harus bicara dengan gestur dan berkata ’Hai, hallo, wine enak’,’’ ungkap Marcelo.

Graham Hunter, analis sepak bola Spanyol di Sky Sports, meminta Barnett dan Bale tak mengambil jalan pintas bermain di Liga Tiongkok. ’’Salah jika memilihnya (Liga Tiongkok). Liga Tiongkok di bawah standar dan bukan liga yang berkelas saat ini,’’ ucap Hunter.

 ?? GABRIEL BOUYS/AFP PHOTO ?? Peluang (persen) Peluang (persen) Peluang (persen) Peluang (persen) MENCARI PEMBELI: Aksi Gareth Bale ketika menghadapi SD Eibar di Santiago Bernabeu pada 6 April lalu. Dia diisukan bakal dilepas Real Madrid.
GABRIEL BOUYS/AFP PHOTO Peluang (persen) Peluang (persen) Peluang (persen) Peluang (persen) MENCARI PEMBELI: Aksi Gareth Bale ketika menghadapi SD Eibar di Santiago Bernabeu pada 6 April lalu. Dia diisukan bakal dilepas Real Madrid.
 ?? MIGUEL SCHINCARIO­L/AFP PHOTO ?? BERI MASUKAN: Neymar (kanan) mendengark­an penjelasan ayah kandungnya, Neymar Santos Sr, di sela turnamen amal di Neymar Junior Project Institute, Sao Paulo (13/7).
MIGUEL SCHINCARIO­L/AFP PHOTO BERI MASUKAN: Neymar (kanan) mendengark­an penjelasan ayah kandungnya, Neymar Santos Sr, di sela turnamen amal di Neymar Junior Project Institute, Sao Paulo (13/7).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia