Jawa Pos

Cuaca Bersahabat, Kapal Berlayar Lagi

-

GRESIK, Jawa Pos – Cuaca wilayah perairan Gresik-Bawean diperkirak­an membaik. Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik pun mencabut larangan berlayar. Transporta­si laut normal kembali mulai hari ini (23/7). Dua kapal penumpang Gresik-Bawean pp, yakni Express Bahari (EB) 8E dan Blue Sea Jet (BSJ)-1, akan berlayar lagi.

Kepala Seksi Keselamata­n Berlayar, Penjagaan, dan Patroli (KBPP) KSOP Gresik Kusnadi menyatakan, merujuk hasil perkiraan marine weather service dari Badan Meteorolog­i, Klimatolog­i, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, kondisi cuaca di perairan Gresik-Pulau Bawean menunjukka­n ketinggian gelombang di bawah 2 meter. Sedangkan kekuatan angin di bawah 20 knot. ”Besok (hari ini, Red) kami mencabut penundaan pemberian surat persetujua­n berlayar,” ucap Kusnadi kemarin (22/7).

Surat persetujua­n berlayar tersebut dikeluarka­n karena diperkirak­an jumlah penumpang cukup banyak. Sebab, sejak Jumat (19/7) hingga Senin (22/7), semua kapal diminta berhenti berlayar karena cuaca buruk. Ketinggian ombak di atas 3 meter dan kekuatan angin di atas 20 knot.

Ada dua kapal penumpang yang siap berangkat dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean. Dua kapal tersebut adalah EB 8E dan BSJ-1. ” Dua kapal itu berangkat pergi pulang. Untuk jadwal kapal menyesuaik­an penyeberan­gan lintas GresikBawe­an dari Dinas Perhubunga­n (Dishub) Gresik,” ujarnya.

Sulaeman, salah seorang calon penumpang kapal, mengaku lega bakal bisa pulang ke Bawean. ”Bekal sudah menipis. Kapal tidak berlayar karena cuaca buruk,” ungkap lelaki 32 tahun itu.

Pantauan Jawa Pos kemarin, sejumlah awak kapal EB 8E terlihat bersih-bersih kapal. Mulai bagian dalam hingga dek kapal. Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Gresik juga menggeliat setelah berhenti empat hari. Tampak para buruh menaikkan barang ke kapal dengan tujuan luar pulau.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? MENGGELIAT KEMBALI: Buruh bongkar muat mulai beraktivit­as menaikkan barang ke kapal layar motor (KLM) tujuan luar pulau.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS MENGGELIAT KEMBALI: Buruh bongkar muat mulai beraktivit­as menaikkan barang ke kapal layar motor (KLM) tujuan luar pulau.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia