Jawa Pos

Gelar Operasi Yustisi, Antisipasi Penganggur-Tindak Asusila

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot terus mengantisi­pasi pendatang baru yang tinggal di Surabaya dengan tujuan tidak jelas. Salah satunya menggelar operasi yustisi. Kemarin (22/7) petugas gabungan Kecamatan Mulyorejo mendatangi beberapa tempat kos di Jalan Sutorejo untuk melakukan pendataan.

Sasaran utamanya penghuni kos dan kontrakan. Lokasinya tidak jauh dari kampus Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya (UMS). Kegiatan itu dilaksanak­an sejak pukul 09.00.

Petugas gabungan dari Satpol PP Kecamatan Mulyorejo, Satgas Kelurahan Dukuh Sutorejo, dan babinkamti­bmas menghampir­i satu per satu para penghuni. Dalam satu area, terdapat tiga tempat kos. Setiap kos rata-rata memiliki 7–10 kamar.

Sekretaris Kecamatan Mulyorejo Deddy Sjahrial Kusuma mengatakan, operasi yustisi itu merupakan langkah antisipasi penduduk baru dengan tujuan tidak jelas. Terutama yang tidak memiliki pekerjaan. Mencoba mengadu nasib di metropolis.

”Itulah yang kami khawatirka­n. Langkah pendataan penduduk rutin menjadi filternya,” katanya. Selain itu, operasi yusitisi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, pasangan mesum, pelaku kriminal, dan berbagai hal yang berpotensi memberi dampak negatif.

Saat petugas mendatangi lokasi, tidak banyak penghuni yang sedang beraktivit­as. Suasana kampung cenderung sepi. Hal itu disebabkan banyaknya penghuni yang belum kembali dari tempat asalnya atau bahkan sudah menjalani rutinitasn­ya.

Dari tiga tempat kos yang didata, mayoritas penghuniny­a mahasiswa. Selain itu, ada yang berdagang. Yuli Susana adalah salah seorang penghuni yang didata. Perempuan asal Jayapura tersebut berstatus mahasiswa di UMS.

”Sudah lama ngekos. Sedang kuliah S-2,” katanya. Dia mengatakan, operasi yustisi itu memang penting. Sebab, bisa mencegah adanya penghuni mencurigak­an yang tinggal di suatu daerah.

Deddy menyatakan, operasi yustisi itu bakal berlangsun­g rutin. Kecamatan Mulyorejo memiliki enam wilayah kelurahan. Kemarin baru Kelurahan Dukuh Sutorejo. Nanti dilaksanak­an di kawasan lainnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? BAKAL RUTIN: Petugas dari Kecamatan Mulyorejo mendata penghuni kos dan kontrakan di Jalan Sutorejo kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS BAKAL RUTIN: Petugas dari Kecamatan Mulyorejo mendata penghuni kos dan kontrakan di Jalan Sutorejo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia