Jawa Pos

Voila! Wisma New Barbara Jadi Green House Anggrek

-

Teriknya matahari di Sememi pun tak terasa ketika berada di dalam bangunan berwarna cokelat dan krem tersebut. Embusan AC nan sejuk memadati gedung yang dulu mangkrak itu.

Tidak ada lagi pemandanga­n perempuan-perempuan berpakaian seksi. Juga sapaan manis manja menggoda dari balik kacakaca. Mereka digantikan ratusan anggrek berbagai warna yang ditempatka­n di dekat pintu masuk. Meski tak beroperasi sebagai tempat prostitusi, keberadaan ruangan Wisma New Barbara tak banyak berubah. Memang ada penambahan beberapa ruangan khusus. Misalnya, tempat inkubasi penempatan benih anggrek, ruang inkubator penebaran benih anggrek, dan ruang untuk pembuatan media anggrek.

Jenis anggrek di eks Wisma New Barbara memang belum banyak. Hanya ada tiga. Yaitu, anggrek dendrobium, anggrek catleya, dan anggrek bulan. Maklum, green house dan kebun anggrek masih masuk tahap pembanguna­n. Walau baru, tanaman yang mereka miliki mencapai ratusan. Bahkan, bibit anggreknya mencapai 5 ribuan.

Lokasi green house itu berada di Sememi Jaya Gang II, RW 1, RT 3, Sememi, Kecamatan Benowo. Dulu lebih sering disebut Moroseneng. Itu adalah tempat prostitusi terbesar nomor dua di Surabaya setelah Dolly. Green house dan kebun anggrek itu menempati wisma yang ditutup sejak 2013. Setelah dilakukan pembayaran ganti rugi, wisma yang memiliki 50 kamar tersebut kosong.

Pemkot pun memanfaatk­annya sebagai tempat wisata edukasi tentang tanaman anggrek. Semuanya dikelola secara profesiona­l. Termasuk ruang inkubasi penempatan bibit yang suhunya dibuat di bawah 16 derajat Celsius. Tujuannya, ribuan bibit itu berhasil tumbuh. ’’Gak kehitung jumlahnya. Mungkin 5 ribu lebih,’’ ucap tenaga laboratori­um kultur jaringan anggrek dari dinas ketahanan pangan dan pertanian (DKPP) Anis Satu Risda kemarin siang (22/7).

Greenhouse­itumemangd­inaungi

DKPP dan dibantu dinas lain. Di antaranya, dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP) serta dinas kebersihan danruangte­rbukahijau(DKRTH).

’Greenhouse­dankebunan­ggrekini

menjadi satu-satunya yang ada di Surabaya,’ katanya.Merekamela­kukan pembibitan­sejaktahap­awal.Mulai mengawinka­njenisangg­reksampai mengembang­kannya.

Selain anggrek, di lokasi seluas sekitar 500 meter persegi itu terdapat tempat khusus budi daya jamur. Jamur di sana pun siap dipanen.

Saat ini pemkot sedang menyelesai­kan taman outdoor anggrek dan green house. ’’Kami memperkira­kan pengerjaan green house selesai bulan ini,’’ ucap Kasi Ruang Terbuka Hijau DKRTH Rochim Yuliadi kemarin.

Keputusan mengubah Wisma Barbara menjadi kebun anggrek bukan tanpa alasan. Selain memanfaatk­an aset pemkot, keberadaan­nya dapat menghapus citra negatif eks lokalisasi. Nanti kebun itu digunakan sebagai tempat wisata edukasi warga Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia