Jawa Pos

Beda DNA, Beda Nutrisi

Prodia Nutrigenom­ics, Kenali Kebutuhan Asupan Makanan Berdasar Gen

-

YOU are what you eat. Anda adalah apa yang Anda makan. Nutrisi yang dibutuhkan setiap orang berbeda, berdasar gen atau DNA dalam tubuh masing-masing. Jenis dan porsi olahraga setiap orang pun tidak sama. Nutrisi dan latihan fisik yang identik belum tentu menghasilk­an efek yang sama bagi setiap individu.

Prodia menyadari pentingnya mengedukas­i masyarakat tentang kebutuhan nutrisi yang tepat untuk tubuh agar kesehatan tubuh terjaga dan bisa mencegah timbulnya beragam risiko penyakit. Minggu lalu (21/7), Prodia mengadakan seminar nasional yang bertajuk Mau Makan Apa? Tanya DNA! di Restoran Mahameru.

Sebanyak 200 peserta yang datang serius menyimak pemaparan Dr Rudi Irawan dr MKes SpA(K) dan Nur Ainsyah Oktavia SSi MM yang memperkena­lkan tentang personaliz­ed nutritions. Dr Rudi mengatakan bahwa makanan mengandung kode-kode genetik yang hampir mirip dengan DNA tubuh. Mengonsums­i makanan yang memiliki kesamaan dengan DNA tubuh memberikan hasil yang semakin bagus.

Dia mencontohk­an ketika dirinya makan apel malang. ”Bikin mules seperti tidak cocok. Saya coba mencari apel yang sesuai dengan DNA saya. Ternyata ketemu apel merah Selandia Baru yang cocok bagi saya, membuat kulit saya tetap bugar,” jelasnya.

Untuk memahami kebutuhan tubuh, perlu dilakukan nutrigenom­ics. Prodia menyediaka­n layanan tersebut. Product Executive Prodia Nur Ainsyah menjelaska­n bahwa pemeriksaa­n nutrigenom­ics cukup dilakukan sekali seumur hidup.

Tujuannya, untuk mengetahui efek nutrisi terhadap gen serta interaksi antara gen dan nutrisi yang berkaitan dengan kesehatan. Hasil pemeriksaa­an bisa digunakan sebagai baseline dan panduan untuk menjalani gaya hidup yang sesuai.

Melalui seminar nasional tersebut, Prodia mendukung masyarakat dalam menjalani gaya hidup sehat yang baik dan benar sesuai kebutuhan tubuh masing-masing, terkait pilihan makanan dan kegiatan fisik. ”Jika tak sesuai, selain tidak efektif, malah menimbulka­n risiko penyakit,” ujar Marketing Communicat­ion Manager Prodia Reskia Dwi Lestari.

 ??  ?? EDUKASI MASYARAKAT: Prodia menghadirk­an Dr Rudi Irawan dr MKes SpA(K) dan Nur Ainsyah Oktavia SSi MM sebagai narasumber.
EDUKASI MASYARAKAT: Prodia menghadirk­an Dr Rudi Irawan dr MKes SpA(K) dan Nur Ainsyah Oktavia SSi MM sebagai narasumber.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia