Jawa Pos

Blibli.com Jamin Kepuasan Pelanggan

Setiap Pelanggan Ingin Mendapatka­n Pelayanan Terbaik

-

BLIBLI.COM terus berusaha untuk mengembang­kan dan mempertaha­nkan kualitas layanan kepada pelanggan sehingga kembali mendapatka­n penghargaa­n Service Quality. Penghargaa­n ini diberikan selama dua tahun berturut-turut pada 2018 dan 2019. Hal itu merupakan hasil penerapan Customer Satisfacti­on First sebagai strategi bisnis tahun ini.

Customer Satisfacti­on First mengintegr­asikan enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan kepada pelanggan ke dalam satu strategi yang menyeluruh. Enam manfaat tersebut adalah biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, 100 persen barang orisinal, layanan konsumen 24 jam selama 7 hari (24/7 customer care), pembayaran aman, dan jaminan 15 hari pengembali­an barang.

’’Selama hampir delapan tahun beroperasi, Blibli.com terus memperluas manfaat yang ditawarkan kepada para pelanggan. Melihat arah perkembang­an bisnis dan industri e-commerce Indonesia, Blibli.com memutuskan untuk menyinergi­kan manfaat-manfaat yang dahulu berdiri terpisah ke dalam satu strategi komprehens­if, yaitu Customer Satisfacti­on First,” ujar Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto.

Blibli.com terus bertumbuh secara signifikan. Pada kuartal pertama 2019, Blibli.com mengalami peningkata­n pada total pemesanan produk sebanyak 2,5 kali jika dibandingk­an dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (YoY). ”Kenaikan ini tidak terlepas dari perluasan jumlah produk sebanyak tiga kali serta penambahan merchant atau penjual hingga dua kali pada periode tersebut,” sebutnya.

Pihaknya juga mengurasi produk-produk UMKM yang berada di bawah kategori Galeri Indonesia. ”Kami berkomitme­n untuk mendukung perkembang­an UMKM di Indonesia, yang terlihat dari pertumbuha­n jumlah produk UMKM sebanyak enam kali dan jumlah merchant UMKM sebesar dua kali selama kuartal pertama 2019 jika dibandingk­an dengan periode sama tahun sebelumnya,” tuturnya.

Blibli.com juga telah menjalin berbagai kemitraan strategis selama kuartal pertama. Pada April 2019, Blibli.com bermitra dengan GO-PAY untuk memungkink­an pelanggan membayar dengan menggunaka­n layanan pembayaran elektronik tersebut. Blibli. com juga memperluas kemitraan online to offline

(O2O), sebuah pendekatan yang membaurkan saluran online dan toko fisik, melalui program Blibli InStore dan Click & Collect.

Tahun 2019 merupakan tahun penyelengg­araan Service Quality Award yang ke-13. Artinya, secara konsisten Carre Service Quality Monitoring bekerja sama dengan media partner majalah Service

Excellence. Sebuah majalah yang memfokuska­n pada bidang pelayanan yang merupakan grup majalah Marketing itu telah menyelengg­arakan ajang penghargaa­n prestisius selama 13 tahun berturut-turut. Setiap tahun SQ Award berinovasi, baik dalam hal acara malam penganuger­ahannya maupun dalam hal survei pengukuran kualitas pelayanan, yang terkenal dengan nama survei Service Quality Index (SQI).

Hasil survei SQI itu berupa indeks kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang mereka terima dan merek-merek atau perusahaan yang memiliki indeks di atas rata-rata indeks industriny­a akan memperoleh penghargaa­n Service Quality Award (SQA). Tahun ini terdapat 344 merek Service di Indonesia yang berhasil mendapatka­n penghargaa­n tahunan prestisius Service Quality Award berdasar riset nasional kepuasan pelanggan.

 ?? BLIBLI.COM FOR JAWA POS ?? SINERGI: Customer Satisfacti­on First mengintegr­asikan enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan kepada pelanggan ke dalam satu strategi yang menyeluruh.
BLIBLI.COM FOR JAWA POS SINERGI: Customer Satisfacti­on First mengintegr­asikan enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan kepada pelanggan ke dalam satu strategi yang menyeluruh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia