Jawa Pos

Stok Material STNK di Polda Jatim Habis

-

SURABAYA, Jawa Pos – Polda Jatim, tampaknya, mengalami kendala kekurangan stok blangko dan material surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan tanda nomor kendaraan bermotor (TNBK). Itu terjadi karena pengiriman material terlambat dari Korlantas Polri. Untuk mengantisi­pasinya, Polda Jatim bakal melegalkan STNK sementara untuk memiliki legalitas sama dengan STNK asli.

’’Ini hanya berlaku hingga Juli. Untuk selanjutny­a, kami pastikan sudah normal kembali,’’ ungkap Wadirlanta­s Polda Jatim AKBP M. Aldian kemarin.

Menurut Aldian, stok tersebut berkurang karena pencetakan terlambat. Namun, hal itu bukan kewenangan Polda Jatim. Sebab, masalah tersebut ditangani langsung oleh Korlantas Mabes Polri. Dia menyatakan, masyarakat masih bisa mengurus apabila surat-suratnya mati.

Nah, apabila tidak mendapatka­n STNK baru, masyarakat bakal mendapatka­n STNK sementara dengan bukti stempel petugas. Itu diperuntuk­kan masyarakat yang telah membayar pajak. ’’Nanti petugas memberitah­ukan kapan STNK baru bisa diterbitka­n. Kalau itu sudah ada, bisa diambil lagi di samsat tempat mengurus perpanjang­an,’’ ujarnya.

Perwira dengan dua melati di pundak itu menyebutka­n, kosongnya material STNK tersebut berlaku di seluruh Indonesia. Meski begitu, Polda Jatim bakal mendapatka­n stok ganti dengan cepat. Sebab, tim Supervisi Korlantas Mabes Polri telah datang untuk mengecek persediaan di Polda Jatim. ’’Maka itu dimungkink­an tidak sampai berbulan-bulan. Karena ada prioritas bagi polda dengan cakupan wilayah yang luas,’’ katanya.

Pada bagian lain, Kanit Registrasi dan Identifika­si Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Sigit Indra menyatakan, stok blangko SIM masih aman sampai akhir bulan ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia