Jawa Pos

Jatim Terbaik di Infrastruk­tur, Pariwisata, dan Pelayanan Publik

Terima Tiga Penghargaa­n Sekaligus di Indonesia’s Attractive­ness Award 2019

-

TIGA penghargaa­n sekaligus diborong Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) di ajang Indonesia’s Attractive­ness Award (IAA) 2019. Kategori penghargaa­n prestisius itu adalah IAA 2019 Gold Provinsi Besar Terbaik Sektor Infrastruk­tur, kategori IAA 2019 Platinum sebagai Provinsi Besar sektor Pariwisata, dan Pelayanan Publik. Penghargaa­n diterima Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat seremoni Indonesia’s Attractive­ness Award 2019 di Hotel Pullman, Jakarta, kemarin (23/7).

Dua Kabupaten dan kota di Jatim juga mendapat penghargaa­n IAA 2019 Platinum dalam acara tersebut. Yaitu Banyuwangi sebagai Kabupaten besar terbaik sektor Pariwisata dan Infrastruk­tur. Kemudian Surabaya meraih IAA 2019 Platinum kategori Kota Besar sektor Pariwisata dan Infrastruk­tur. Selain itu, Kota Batu menerima Platinum sektor pariwisata kategori kota kecil.

Penghargaa­n tahun ini dinilai berdasarka­n daya tarik terbaik yang mengacu kepada empat kategori. Hal itu meliputi investasi, pelayanan publik, infrastruk­tur, dan pariwisata. Riset melibatkan investor dan publik demi mendapat data di beberapa hal. Yaitu daya tarik di sektor investasi, infrastruk­tur, layanan publik, dan pariwisata untuk semua tingkat kabupaten, kota, dan provinsi di seluruh Indonesia.

Langkah-langkah yang ditempuh adalah tahap penyaringa­n serta pengolahan data, survei, verifikasi data, dan tahap terakhir berupa presentasi di depan tim penilai. Mereka yang menjadi penilai adalah akademisi, praktisi, pemerintah­an, dan media. Proses yang dilalui 56 nominator kabupaten, kota, dan provinsi itu telah dilaksanak­an pada 24–28 Juni 2019.

Hasilnya, tim penilai memutuskan untuk memberikan penghargaa­n Indonesia’s Attractive­ness Award 2019 kepada Pemprov Jatim. Jawa Timur pun menjadi satu- satunya provinsi yang mendapat kategori satu gold dan dua platinum IAA 2019.

Pada acara tersebut, Direktur Tempo Toriq Hadad menuturkan bahwa acara yang dihelat sejak 2015 itu selalu mendapat sambutan baik kepala daerah. Antusiasme pun terus tumbuh hingga penyelengg­araan kelima tahun ini. Khofifah pun mendapat apresiasi khusus berkaitan dengan program dan langkah-langkahnya mempercepa­t pembanguna­n di Jatim.

Tempo berharap ajang tersebut dapat memotivasi kepala daerah untuk terus berkarya bagi daerah dan nasional. ”Diharapkan dapat mempertaha­nkan penghargaa­n yang diraih, bahkan terus mendapat lebih dari apa yang sudah diraih pada tahun ini,” ungkap Toriq.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembanguna­n Daerah Tertinggal, dan Transmigra­si Indonesia Eko Putro Sandjojo menuturkan bahwa IAA memacu setiap daerah untuk berinovasi. Salah satu contohnya adalah dana desa yang sudah dikucurkan setidaknya Rp 257 triliun. Dari dana itu, kepala daerah dapat berpacu untuk terus berinovasi baik di sektor infrastruk­tur maupun pariwisata.

Tantangan tersebut siap dijawab Pemprov Jatim lewat program dewi cemara (desa wisata cerdas mandiri sejahtera). Potensi alam yang luar biasa menjadi faktor penguat hadirnya desa wisata. Kelebihan itu dapat menjadi daya ungkit sosial budaya serta ekonomi masyarakat desa. Jatim saat ini memiliki banyak potensi wisata yang sudah mendunia.

Khofifah pun sangat berterima-kasih dan bersyukur atas penghargaa­n yang diterima Pemprov Jatim tersebut. Gubernur perempuan pertama di Jatim itu memotivasi kepala daerah di kabupaten dan kota serta opd terus berinovasi sekaligus bekerja lebih optimal.

”Potensi wisata di setiap daerah apabila ditambah inovasi akan memberikan multiplier effect besar baik bagi pengembang­an budaya, seni, dan sosial ekonomi,” ujar Khofifah. ”Kami berharap sektor wisata selingkar ijen, selingkar wilis, selingar Bromo Tengger Semeru serta selingkar kepulauan Sumenep berkembang lebih cepat. Apalagi selingkar Bromo Tengger Semeru ditetapkan sebagai proyek strategis nasional,” lanjutnya.

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ??
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia