Jawa Pos

Kelebihan Muatan, tapi Tidak Peduli

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dishub berencana mengadakan razia gabungan dengan pihak kepolisian untuk menindak truk-truk yang membawa muatan berlebihan. Tujuannya, menimbulka­n efek jera pada pengemudi. Sebab, yang mereka lakukan itu berisiko. Terutama bagi pengendara lain di sekitarnya.

Truk dengan muatan berlebih itu kerap terlihat di wilayah Pakal, Benowo, sampai Margomulyo. Pengemudi mengisi truk dengan barang-barang sampai menggunung.

Misalnya, yang terlihat di Jalan Lontar, Lidah Kulon, kemarin siang (23/7). Sebuah truk sengaja memuat tumpukan papan kayu hingga 3 meter di atas kabin. Hal itu tentu berbahaya dan membuat waswas pengendara di sampingnya. ”Itu melanggar,” ucap Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Pengendali­an Angkutan (Wasdal) Dishub Surabaya Budi Basuki kemarin (23/7).

Menurut Budi, tinggi muatan truk tidak boleh 4,2 meter. Dihitung dari dasar kabin kendaraan. Artinya, jika sudah melebihi kabin dan batas maksimal, truk bisa ditindak seperti ditilang di tempat. Untuk penindakan itu, tentu petugas dishub didampingi pihak kepolisian.

Dia menjelaska­n, pembatasan tersebut dilakukan untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan. Sebab, muatan yang menjulang tinggi sangat berbahaya. Pertama, menghalang­i jarak pandang pengemudi di belakangny­a. Kedua, muatan bisa saja terjatuh. Kalau itu terjadi, tentu yang terkena imbasnya adalah pengendara di sekitarnya.

Budi menegaskan, patroli kerap dilakukan petugas. Hanya, keberadaan truk yang muatannya berlebih tidak bisa dipantau. Untuk itu, razia penindakan akan digalakkan di beberapa titik yang dianggap sering dilewati truk yang muatannya berlebih. ”Selain di Surabaya Barat, pelanggara­n tersebut sering dijumpai di kawasan Surabaya Utara,” ulasnya. coach

 ?? NURUL KOMARIYAH/JAWA POS ?? IMPROVISAS­I GERAKAN: Dari kiri, Kevin Ferdinand, Yoyok Sutiono, Shesi Kurnia, dan Alexander Kevin menjajal freestyle kalistenik dalam satu bar.
NURUL KOMARIYAH/JAWA POS IMPROVISAS­I GERAKAN: Dari kiri, Kevin Ferdinand, Yoyok Sutiono, Shesi Kurnia, dan Alexander Kevin menjajal freestyle kalistenik dalam satu bar.
 ??  ?? BAHAYA: Satu unit truk dengan muatan papan kayu yang melebihi kapasitas melintas di Jalan Lontar, Lidah Kulon, kemarin.
BAHAYA: Satu unit truk dengan muatan papan kayu yang melebihi kapasitas melintas di Jalan Lontar, Lidah Kulon, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia