Jawa Pos

Bawa Plastik, Bisa Pinjam Buku

-

SURABAYA, Jawa Pos – Sampah plastik paling susah terurai. Tumpukan sampah plastik yang bertahun-tahun itu bisa mencemari lingkungan. Hal tersebut menginspir­asi Oliver Utomo Budiman untukmembu­atprogramm­eminjambuk­u dengan menukar sampah plastik.

Mengapa ditukar dengan pinjam buku? Itu juga terinspira­si dengan hobi Ollie, sapaan akrab Oliver, yang gemar membaca buku. Dia sempat heran dengan minimnya minat baca orang Indonesia. Padahal, jumlah perpustaka­an di Indonesia tidak sedikit. ”Ini ternyata karena keterbatas­an akses mereka untuk memperoleh buku,” kata pelajar Phillips Academy Andover Amerika Serikat tersebut.

Program yang dinamakan Tuker Plastik-Pinjam Buku (Kerik Jamu) itu diwujudkan dengan perpustaka­an mini. Jika ingin meminjam buku, ada di 50 minimarket waralaba yang telah bekerja sama. ”Sebagai permulaan, kerja sama dengan minimarket di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik,” papar pelajar SMA tersebut.

Plastik yang ditukar bisa berupa botol bekas, kantong plastik, dan lain-lain. Jumlahnya disesuaika­n dengan buku yang dipinjam. Nanti sampah plastik yang sudah terkumpul dimanfaatk­an lagi melalui program kepedulian sosial minimarket tersebut. ”Tentu kami sangat senang Ollie bisa membantu program kepedulian sosial kami untuk masyarakat,” ujar perwakilan humas PT Sumber Alfaria Trijaya.

Ollie meluncurka­n program tersebut tepat saat Hari Anak Nasional kemarin (23/7). Lokasinya berada di Surabaya Creative Hub, Kompleks Perpustaka­an BI, Surabaya. Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perpustaka­an dan Kearsipan (Dispusip) Surabaya Musdiq Ali Suhudi. Menurut dia, program itu bisa menambah jumlah perpustaka­an di Surabaya yang saat ini berjumlah lebih dari seribu. Yang terbagi di perpustaka­an daerah, taman baca, dan sekolahsek­olah.”Tentukamis­enangagara­nak-anak semakin bisa mengakses buku bacaan di mana saja,” paparnya.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? KERJA SAMA DENGAN MINIMARKET: Olivier Budiman (kanan) bersama adiknya, Tobias Budiman.
ANGGER BONDAN/JAWA POS KERJA SAMA DENGAN MINIMARKET: Olivier Budiman (kanan) bersama adiknya, Tobias Budiman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia