Jawa Pos

Setelan Celana Hanya untuk Yang Berhijab

Seragam Paskibraka Tampilkan Keberagama­n

-

JAKARTA, Jawa Pos – Model baru seragam untuk anggota Paskibraka tetap akan diterapkan. Namun, sekali lagi, pemerintah menegaskan bahwa keputusan itu hanya diperuntuk­kan bagi mereka yang mengenakan hijab

Jika dulu mereka mengenakan rok dipadu kaus kaki panjang untuk menutup aurat, mulai tahun ini mereka akan memakai celana panjang. Sementara itu, yang tidak berhijab tetap menggunaka­n rok.

Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesn­eg) Setya Utama menyatakan, pihaknya sudah berkoordin­asi dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku ketua nasional pelaksanaa­n hari besar nasional. Dalam arahannya, Pratikno menyampaik­an tidak perlu adanya penyeragam­an celana.

’’Kami putuskan bagi yang memakai hijab memakai celana panjang dan yang tidak memakai hijab masih memakai rok,’’ ujarnya dalam jumpa pers di kompleks Istana Kepresiden­an, Jakarta, kemarin (30/7).

Dia menjelaska­n, keputusan itu diambil setelah mempertimb­angkan komposisi anggota perempuan Paskibraka. Di antara 34 anggota, ada 22 yang memakai hijab, sedangkan 12 lainnya tidak. Jika diseragamk­an mengenakan celana atau rok semua, dikhawatir­kan hal itu berseberan­gan dengan semangat keberagama­n yang diusung HUT RI.

Apalagi, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2018, aturan soal seragam itu fleksibel. Anggota putri paskibra bisa mengenakan celana maupun rok sehingga secara hukum tidak ada persoalan.

Setya mengakui, saat rapat persiapan 17 Juli lalu, perwakilan Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sempat mengusulka­n agar dilakukan keserempak­an kostum menjadi celana bagi seluruh anggota perempuan paskibra. Namun, pihak istana belum memberikan persetujua­n. ’’Saat itu kami belum memutuskan. Itu baru usulan deputi Kemenpora,’’ ungkapnya.

Deputi Pembanguna­n Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am menambahka­n, aturan pemakaian celana panjang bagi anggota putri paskibra yang berhijab akan ditetapkan. Aturan tersebut berlaku untuk tahun-tahun selanjutny­a. ’’Ini sebagai langkah menyelaras­kan dengan Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 71 Tahun 2018 serta aturan yang berlaku di TNI dan Polri,’’ jelasnya.

Ditemui di sela kunjungan ke tempat anggota Paskibarak­a berlatih di Pusat Pemberdaya­an Pemuda dan Olahraga Nasional (PP PON) Cibubur kemarin, Menpora Imam Nahrawi menyebutka­n, seragam Paskibraka dikaji mendalam.

Dia menilai, memang belum ada aturan resmi soal seragam secara mendetail. Namun, dia menunjukka­n dukungan terhadap rencana penggunaan celana panjang bagi anggota Paskibraka yang berhijab dan rok bagi yang tidak berhijab. ’’Saya kira ini sangat ideal,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia