Jawa Pos

Incar Kursi Ketua MPR, Golkar Sampaikan ke Jokowi

-

JAKARTA, Jawa Pos – Partai Golkar sudah menyampaik­an keinginan untuk mendapatka­n posisi ketua MPR kepada Presiden Jokowi. Komunikasi dengan partai koalisi pendukung pemerintah pun terus dilakukan agar jabatan strategis itu bisa mereka duduki.

Ace Hasan Syadzily, ketua DPP Partai Golkar, mengatakan bahwa sikap Golkar tidak berubah terkait posisi ketua MPR. Sebab, partainya merupakan peraih kursi terbanyak kedua di DPR setelah PDI Perjuangan. Jika partai banteng menjadi ketua DPR, kursi ketua MPR seharusnya diserahkan kepada partainya.

Jadi, menurut dia, pengisian jabatan ketua MPR bisa mengacu pada sistem proporsion­al. Yaitu, sesuai dengan perolehan kursi di parlemen. Dengan perolehan suara nomor dua, Golkar sudah sepantasny­a mengisi jabatan ketua MPR.

Sebagai bentuk keseriusan, Ace menyatakan bahwa Partai Golkar sudah menyampaik­an langsung keinginan itu kepada Jokowi. Partainya juga sudah menyampaik­an masalah tersebut kepada partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) dalam sejumlah pertemuan. Termasuk kepada Partai Nasdem, PPP, dan PKB di kantor DPP Partai Nasdem 22 Juli lalu. ”Pak Airlangga yang menyampaik­an secara langsung,” tutur dia.

Sementara itu, PKB juga masih kukuh dengan keinginann­ya untuk menduduki kursi ketua MPR. Wasekjen PKB Daniel Johan mengatakan, keputusan partainya tidak berubah, yaitu mengusulka­n Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai ketua MPR mendatang. ”Cak Imin mempunyai pengalaman panjang, baik di legislatif maupun eksekutif. Beliau sangat layak menjabat ketua MPR,” tutur dia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia