Jawa Pos

Alvin Tembus Limit PON dan SEA Games

-

BOGOR, Jawa Pos – Sprinter Alvin Tehupeiory paling disorot dalam kejurnas atletik yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, kemarin (2/8). Pelari asal Maluku itu berhasil menjadi yang tercepat dalam lintasan lari nomor 100 meter setelah mencatatka­n waktu 11,64 detik.

Capaian itu membuat seluruh peserta tercengang. Sebab, Alvin baru menggeluti nomor lari jarak pendek belum lama ini. Sebelumnya, perempuan 24 tahun tersebut merupakan atlet lari gawang. Tepatnya di nomor 400 meter. Sedangkan di sprint, ini adalah penampilan perdananya di nomor 100 meter!

Catatan waktunya cukup impresif untuk sekelas pendatang baru. Hanya selisih 0,08 detik dari pemegang rekornas nomor 100 meter Irene Truitje Joseph. Rekornas itu belum pernah dipecahkan siapa pun sejak SEA Games 1999 di Brunei Darussalam. ’’Awalnya cuma coba ikut lari jarak pendek. Tapi, cukup puas dengan hasil yang sekarang,’’ tutur Alvin.

PB PASI menyambut gembira hasil yang ditorehkan salah seorang anggota pelatnas tersebut. Pada babak penyisihan, Alvin membukukan waktu 11,71 detik. Itu menjadi personal best dia yang pertama. Kemudian dipertajam lagi di babak final kemarin.

’’Dia sudah lama main di nomor 400 meter gawang. Belakangan, pelatihnya punya ide untuk memindahka­n dia ke sprint,’’ ungkap Sekjen PB PASI Tigor Tanjung. ’’Jarang banget kasus seperti ini. Biasanya atlet kami pindahin ke nomor yang lebih panjang,’’ imbuhnya.

Alvin pun berhasil menembus limit PON XX/2020, yakni 12,20 detik. Dia sekaligus melebihi limit SEA Games 2019 yang dipatok 11,85 detik. Tidak pernah ada dalam benaknya untuk mencapai prestasi tersebut. Sebab, fokus dia setelah pindah nomor adalah 200 meter. ’’Kalau memang diturunkan di SEA Games, saya akan lebih baik lagi dari ini,’’ tekad Alvin.

Sementara itu, nasib kurang baik menimpa pelari muda pelatnas, Adi Ramli Sidiq. Sudah memimpin barisan di nomor lari 100 meter kategori U-20, sprinter asal Jawa Tengah tersebut terhenti beberapa saat sebelum garis finis. Adi mengalami cedera hamstring. Dia pun disalip Adit Rico Pradana yang membukukan waktu tercepat 10,56 detik.

Hingga kemarin, Jawa Timur masih memimpin klasemen sementara perolehan medali menjadi 8 emas, 7 perak, dan 6 perunggu. Disusul Jawa Barat di posisi kedua dengan raihan 5 emas, 3 perak, dan 3 perunggu. Lalu, Jawa Tengah 3 emas, 5 perak, dan 2 perunggu. game. rubber game game ’’Nggak

 ?? CANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? BAKAT BARU: Alvin Tehupeiory berlomba di final lari 100 meter di Stadion Pakansari, Bogor, kemarin. Catatan waktunya mendekati rekornas Irene Truitje Joseph.
CANDRA SATWIKA/JAWA POS BAKAT BARU: Alvin Tehupeiory berlomba di final lari 100 meter di Stadion Pakansari, Bogor, kemarin. Catatan waktunya mendekati rekornas Irene Truitje Joseph.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia