Jawa Pos

Sengketa Pileg Diputuskan 6 Agustus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemilihan umum legislatif (pileg) di Surabaya menyisakan dua persoalan. Yakni, gugatan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) untuk DPR RI dan gugatan Partai Golkar untuk DPRD Surabaya.

Dua gugatan tersebut sama-sama melibatkan dua anggota Komisi C DRPD Surabaya. Mereka adalah politisi Nasdem Vinsensius Awey yang nyaleg di DPR RI dan Agoeng Prasodjo dari Golkar yang menjadi incumbent di DPRD Surabaya. ’’Diputuskan tanggal 6. Nanti ke sana lagi,’’ kata Agoeng.

Dia melaporkan hasil penghitung­an KPU yang membuatnya tak lolos ke MK bulan lalu. Sebelumnya, dia juga beberapa kali sidang di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya. Bawaslu memutuskan penghitung­an suara tersebut memang keliru. Namun, keputusan Bawaslu itu tak berdampak apa-apa. Sebab, penghitung­an suara sudah final. Satu-satunya cara adalah menggugat ke MK.

Dalam sidang, Agoeng melaporkan seluruh hal yang sudah dilaporkan ke Bawaslu sebelumnya. Yakni, dokumen C1, DA Plano, dan DA A1. Dalam penghitung­an KPU, suara Agoeng kalah dengan rekan satu partai. Selisihnya cuma 31 suara. Setelah menginvest­igasi sendiri, dia menemukan kesalahan hitung. Jika dikoreksi, dia bisa lolos dan mengamanka­n satu tiket untuk Partai Golkar di dapil 4 (Kecamatan Gayungan, Jambangan, Sawahan, Sukomanung­gal, Wonokromo). ’’Kalau lihat jalannya sidang, saya yakin bisa lolos lagi. Doakan lah,’’ katanya.

Sementara itu, politikus Nasdem Vinsensius Awey juga masih menunggu keputusan MK tersebut. Partainya juga menggugat penghitung­an surat KPU Surabaya. Dia yakin jika gugatan diterima, Nasdem bisa mendapatka­n satu jatah kursi untuk DPR RI dapil 1 (Surabaya-Sidoarjo). ’’Kalau lolos, ya berjuang lagi. Kalau tidak, ya istirahat dulu sambil temani anak,’’ tutur Awey.

 ?? SALMAN/JAWA POS ?? Agoeng Prasodjo
SALMAN/JAWA POS Agoeng Prasodjo
 ??  ?? Daftar dan hadiri seminar OTI (Option Trading Institute), Sabtu, 3 Agustus, pukul 14.00, di Hotel Amaris, Jl Bintoro. Materi: Berbagai trading dan risikonya, beda margin trading dan cash trading, ciri investasi bodong, memahami stock option trading, trading pakai scalping, signal jempol dan telunjuk, program edukasi OTI, apakah broker bandar, robot dll. SMS/WA: Nama ke 081 65400 234. www.belajardio­ti.com
Daftar dan hadiri seminar OTI (Option Trading Institute), Sabtu, 3 Agustus, pukul 14.00, di Hotel Amaris, Jl Bintoro. Materi: Berbagai trading dan risikonya, beda margin trading dan cash trading, ciri investasi bodong, memahami stock option trading, trading pakai scalping, signal jempol dan telunjuk, program edukasi OTI, apakah broker bandar, robot dll. SMS/WA: Nama ke 081 65400 234. www.belajardio­ti.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia