Jawa Pos

Tindak 751 Parkir Liar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Upaya penertiban parkir liar di Surabaya Barat terus dilakukan dinas perhubunga­n (dishub). Jumlah pelanggar pun mencapai ratusan. Dari awal tahun hingga Agustus, setidaknya tercatat 751 kendaraan yang ditindak petugas. Baik roda dua maupun roda empat. Penindakan tersebut dilakukan sebagai efek jera agar tidak kembali parkir sembaranga­n.

Parkir liar di Surabaya Barat berada di beberapa titik. Di antaranya, sepanjang Jalan Mayjen Sungkono hingga HR Muhammad dan kawasan Yono Soewoyo. Kendaraan yang parkir sembaranga­n paling banyak berada di sekitar bundaran Yono Soewoyo. ”Sebanyak 80 persen pelanggar didapat di daerah sana (bundaran Yono Soewoyo, Red),” ucap Kasi Pengawasan dan Pengendali­an Lalu Lintas Dishub Surabaya Soesandi Ismawan kemarin.

Menurutdia,adabeberap­atitikyang menjadi perhatian petugas untuk mengantisi­pasi keberadaan parkir liar. Namun, yang menjadi atensi pentingdar­iwalikotaa­dalahkawas­an Jalan Yono Soewoyo. Di sana parkir liar terjadi hampir setiap saat. Pagi, siang, sore, bahkan malam.

Parahnya, jumlah pelanggar juga tak sedikit. Berbeda dengan titik lain seperti sepanjang Jalan Mayjen Sungkono–HR Muhammad. Di sekitar Yono Soewoyo, pelanggar terbanyak adalah pengemudi sepeda motor ojek online (ojol).

Para ojol kerap meninggalk­an kendaran di sekitar belokan menuju pintu masuk Perumahan Pakuwon. Motor itu ditinggal, sementara mereka mengambil orderan dari konsumen di mal. ”Mereka sebenarnya tidak langsung ditilang. Ada imbauan dan peringatan juga. Tetapi, masih dilanggar,” ujarnya.

Dia menjelaska­n, memang 751 kendaraan yang melakukan pelanggara­n tidak langsung ditilang. Ada sekitar 681 kendaraan, sebagian roda dua, digembosi petugas sebagai bentuk peringatan. Namun, langkah itu sepertinya tidak membuat mereka menyerah. Bahkan, ada yang kendaraann­ya digembok.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? KADANG DILANGGAR: Peringatan larangan berhenti terpasang di bundaran Yono Soewoyo. Kawasan ini sering dijadikan parkir liar.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS KADANG DILANGGAR: Peringatan larangan berhenti terpasang di bundaran Yono Soewoyo. Kawasan ini sering dijadikan parkir liar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia