Jawa Pos

Paduan Suara Unesa Dapat Emas

Gita Pramawises­a Juara di Festival Internasio­nal

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim paduan suara Universita­s Negeri Surabaya (Unesa), Gita Pramawises­a, sukses menyabet emas dalam 8th Bali Internatio­nal Choir Festival 2019. Tim dari jurusan seni drama, tari, dan musik (sendratasi­k), fakultas bahasa dan seni, itu tampil maksimal dalam festival yang dihelat di Hotel Discovery Kartika Plaza, Kuta, Bali, akhir Juli lalu.

Hasil manis tersebut diraih dengan perjuangan yang tak mudah. Dalam kompetisi tahunan itu, Gita Pramawises­a harus bersaing dengan tim paduan suara dari daerah, bahkan negara-negara lain. Total ada 102 tim paduan suara yang terbagi dalam 16 kategori. Tim Unesa masuk kategori folklor babak championsh­ip dan bersaing dengan 17 tim lain.

Kaprodi Sendratasi­k, FBS, Unesa Anik Juwariyah mengatakan, semua tim yang datang bagus-bagus. Terlebih yang dari luar negeri. Misalnya, Terroia Children’s Choir dari Seoul, Korea Selatan; KC Lights dari India, dan Cordillera Regional Science High School Giee Club atau La Trinitad dari Filipina. ’’Semua bagus,” ujar Anik.

Saat tampil, Gita Pramawises­a membawakan lagu-lagu daerah. Tiga lagu yang mereka andalkan adalah Gai Bintang (lagu daerah Madura),Soleram (Riau), dan Wor Kankarem-Morinkin (Papua). ’’Pilihan lagunya merepresen­tasikan kebinekaan dan kekayaan tradisi daerah Nusantara,” ujarnya.

Pilihan lagu tim yang rutin mengikuti event serupa tersebut memang bisa dibilang menantang. Sebab, untuk membawakan lagu itu, dibutuhkan konsentras­i yang tinggi dan kekompakan dalam memainkan intonasi suara. Terlebih, tiga lagu tersebut memiliki kekhasan intonasi masingmasi­ng. Karena dianggap cukup lihai membawakan­nya, Gita Pramawises­a mendapat apresiasi dari dewan juri.

 ??  ??
 ?? GITA PRAMAWISES­A FOR JAWA POS ?? NUANSA NUSANTARA: Gita Pramawises­a saat tampil di 8th Bali Internatio­nal Choir Festival 2019 akhir Juli lalu.
GITA PRAMAWISES­A FOR JAWA POS NUANSA NUSANTARA: Gita Pramawises­a saat tampil di 8th Bali Internatio­nal Choir Festival 2019 akhir Juli lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia