Jawa Pos

Kasus Klangonan Ada di Tangan Panitia

-

KASUS unik suara imbang pilkades di Desa Klangonan, Kebomas, hingga kemarin (2/8) belum ada titik temu. Tuntutan penghitung­an ulang yang diminta kubu calon Kades nomor 2 belum ada kepastian. Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Gresik menyerahka­n sepenuhnya kepada panitia.

Plt Kepala Dinas PMD Pemkab Gresik Edy Hadisiswoy­o menyatakan, pihaknya belum mendapatka­n tindak lanjut tentang persoalan di Desa Klangonan. Terakhir, pihaknya menerima audiensi di kantor Kecamatan Kebomas pada Rabu malam (31/7). Saat itu panitia belum bisa menunjukka­n hasil pleno. Karena itu, pihak terkait belum bisa diberi rekomendas­i.

’’Sampai sekarang (kemarin, Red) pleno belum ditunjukka­n ke kami,’’ ujar mantan Kabag hukum pemkab itu kepada Jawa Pos.

Yang jelas, sesuai aturan pihaknya tetap menyerahka­n keputusan kepada panitia pilkades. Sebab, pelaksanaa­n mulai awal hingga akhir merupakan tanggung jawab panitia. ’’Persoalan seperti itu seharusnya selesai di panitia. Apakah dilakukan hitung ulang atau tidak,’’ paparnya.

Sebagaiman­a diberitaka­n, pilkades di Desa Klangonan terbilang langka. Betapa tidak, dua calon Kades mendapatka­n suara imbang. Yakni, Oki Hasmono dan M. Ajir Suyuthi. Calon nomor urut 2 dan 3 itu masingmasi­ng mendapatka­n 563 suara. Padahal, di desa tersebut ada tiga calon. Satu calon lainnya, yakni Kamiludin, meraih 509 suara. Artinya, tiga kandidat itu sebetulnya sama-sama kuat.

Persoalan di Klangonan sejatinya sudah diatur dalam Perbup 10/2019 tentang Pilkades. Jika terjadi suara sama, pemenangny­a adalah calon yang mendapat suara terbanyak di tempat pemungutan suara (TPS) yang pemilihnya paling banyak. Nah, kalau mengacu ketentuan itu, pemenangny­a adalah M. Ajir Suyuthi.(son/c15/hud)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? TETAP GUYUB: Suasana tasyakuran warga Desa Banter, Benjeng, setelah pelaksanaa­n pilkades aman yang dimenangka­n M. Riduwan pada Kamis malam (1/8).
ARIS IMAM/JAWA POS TETAP GUYUB: Suasana tasyakuran warga Desa Banter, Benjeng, setelah pelaksanaa­n pilkades aman yang dimenangka­n M. Riduwan pada Kamis malam (1/8).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia