Jawa Pos

Butuh Figur Muda, Cerdas, dan Agamais

Kota Delta menyimpan banyak potensi. Di tangan pimpinan yang tepat, potensi itu harus dioptimalk­an. Harapan tersebut disampaika­n Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang juga arek Jabon.

-

Sebagai tokoh asal Jawa Timur, khususnya Sidoarjo, bagaimana Anda melihat perkembang­an Kota Delta?

Sidoarjo terus berkembang. Pembanguna­n infrastruk­tur berjalan. Di antaranya, perkantora­n, jalan, mal, dan gedung. Kota ini semakin maju.

Apa yang mendorong kemajuan Sidoarjo?

Ada banyak faktor. Pertama, lokasinya sangat strategis. Lahan di Sidoarjo masih luas sehingga banyak investasi yang masuk. Itu mendorong pertumbuha­n infrastruk­tur dan ekonomi.

Kedua, letak Sidoarjo. Kota Delta berdekatan dengan Surabaya. Sebagai kota penyangga, mau tidak mau pemkab harus mengikuti perkembang­an Surabaya.

Yang ketiga, fasilitas yang lengkap. Sidoarjo memiliki terminal dan bandara udara. Kelebihan itu yang membuat banyak warga berbondong-bondong datang ke Sidoarjo. Dari sisi potensi penduduk? Kota ini memiliki banyak anak muda yang cerdas. Kaum milenial yang pandai serta banyak atlet yang berprestas­i dari Sidoarjo.

Apa yang perlu dioptimalk­an?

Memang, kota ini sudah jauh berkembang. Namun, tetap ada kekurangan. Saya melihat pemkab belum mengoptima­lkan sarana olahraga. Sidoarjo memiliki GOR Delta. Fasilitasn­ya lengkap. Namun, itu belum digunakan dengan baik.

Kota ini pernah menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XV Jatim. Sudah seharusnya itu ditingkatk­an. Harapannya, ke depan Sidoarjo mampu menggelar event yang lebih besar.

Untuk mewujudkan itu, apa yang harus dilakukan?

Banyak. Pertama, penganggar­an. Pemkab harus mempriorit­askan anggaran pembanguna­n sarana olahraga. Kedua, pemikiran dan ide-ide cerdas. Saya melihat pemkab memiliki banyak PNS yang mumpuni.

Tahun depan Sidoarjo menggelar pilkada. Kriteria bupati seperti apa yang dibutuhkan Sidoarjo?

Tentunya yang muda. Bukan hanya secara fisik, melainkan juga ide dan gagasan yang menyegarka­n. Anak muda mampu mendorong serta mewujudkan pembanguna­n. Selain itu, harus agamais. Kota Delta dikenal sebagai Kota Santri. Memiliki banyak pondok pesantren. Karena itu, bupati haruslah sosok yang taat pada agama.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? Imam Nahrawi
BOY SLAMET/JAWA POS Imam Nahrawi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia