Jawa Pos

Siswa Teladan Bebas Masuk SMPN

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo telah memilih siswa teladan tingkat SD 2019. Kategori putra diraih Raysha Erviandika dari SD Muhammadiy­ah 1 Sidoarjo. Terbaik putri adalah Daniella Sandra, murid SDN Buncitan, Kecamatan Sedati.

Daniella mengaku tidak menyangka bisa menang. Dia pun tak memiliki rahasia khusus. ”Rajin ke sekolah, ikut pelajaran. Itu yang saya lakukan,” katanya.

Begitu pula Raysha yang tidak menyangka menjadi murid teladan se-Sidoarjo. Padahal, semula pihak sekolah tidak berniat mengirimka­n wakil. Namun, setiap sekolah wajib mengirim. Raysha pun diikutkan. ”Eh, ternyata menang,” ujar Enik Chairul Ummah, kepala SD Muhammadiy­ah 1 Sidoarjo.

Raysha menyatakan tidak memiliki persiapan khusus. Namun, dia dikenal

sebagai siswa yang jago bahasa Inggris serta tergabung dalam klub olimpiade. ”Senin depan dia ikut olimpiade ke ITS,” kata Enik.

Kabid SD Dikbud Sidoarjo Bambang Eko Wiroyudho menjelaska­n, pemilihan siswa teladan dimulai dari tingkat kecamatan. Yang terbaik di tingkat kecamatan diadu dengan wakil daerah.

”Peringkat pertama dan II di tingkat kecamatan tahun depan bisa masuk SMPN jalur siswa teladan,” ujarnya.

Sebab, lanjut dia, menjadi siswa teladan tidak mudah. Ada serangkaia­n seleksi yang harus mereka lalui. Antara lain, ujian tulis mata pelajaran, tes wawancara yang meliputi kepemimpin­an, kepribadia­n, pengetahua­n umum, bahasa Inggris, dan bahasa daerah. ”Tesnya wajib menyanyi lagu Indonesia Raya. Mereka juga harus menampilka­n keterampil­an pilihan,” ucap Bambang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia