Jawa Pos

Kemenhub Wajibkan Kendaraan Keluarkan Suara

-

Bagaimana persiapan Kemenhub untuk percepatan program kendaraan listrik?

Setelah perpres (peraturan presiden, Red) turun, saya membuat rancangan peraturan menteri. Saya sudah melakukan harmonisas­i internal dengan beberapa lembaga. Peraturan menteri perhubunga­n (permenhub) terkait mobil listrik tinggal menunggu nomor dan judul. September nanti bisa selesai. Nanti, aturan itu jadi referensi saya

untuk melakukan uji tipe.

Apa saja yang diatur dalam permenhub tersebut?

Berbagai hal. Misalnya, soal keselamata­n. Ada juga aturan mengenai harus adanya suara yang ditimbulka­n kendaraan listrik. Kalau tidak ada suara, lalu di belakang kita tiba-tiba ada mobil, kan kaget. Itu bisa menimbulka­n kekacauan di jalan raya.

Soal uji kelayakan itu, apakah ada kendala?

Kami belum memiliki alat untuk menguji

Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transporta­si Jalan telah diteken Presiden Joko Widodo. Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) pun menargetka­n peraturan pelaksanaa­nnya keluar September mendatang. Di sisi lain, kementeria­n tersebut tengah memperbaik­i kekurangan untuk memfasilit­asi kendaraan listrik. Dirjen Perhubunga­n Darat Kementeria­n Perhubunga­n Budi Setiyadi memberikan penjelasan kepada wartawan tentang persiapan yang dilakukan Kemenhub terkait program kendaraan listrik.

baterai. Pada 2020 (bakal) dianggarka­n. Harganya sekitar Rp 200 juta. Sebelum itu, uji baterai dilakukan di pabrik pembuatann­ya.

Apakah ada kemudahan bagi produsen untuk melakukan uji kelayakan?

Pemerintah pasti menyiapkan insentif, tapi belum tahu berapa (nilai insentifny­a). Selama ini, untuk satu tipe produk, uji kelayakann­ya dikenai biaya Rp 75 juta.

Apakah Kemenhub juga melakukan studi banding untuk penerapan kendaraan listrik?

Tim (Kemenhub) sudah belajar ke Korea Selatan. Di sana tim melihat bagaimana kendaraan listrik bekerja dalam sistem transporta­si publik. Di Korea, hanya bus yang menggunaka­n listrik.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia