Jawa Pos

Enggak Akan Cuma Jadi Aktor

Mulai Kamis (15/8) film terbaru Adipati Dolken diputar di bioskop. Judulnya, Perburuan, diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer yang berjudul sama. Dia merasakan pengalaman berbeda ketika terlibat dalam film tersebut.

- Adipati Dolken dan Tiga Hal yang Mewakili Hidupnya MENCINTAI BOLA PENGGEMAR FOTOGRAFI & VIDEOGRAFI MIMPI JADI SUTRADARA

KABAR keretakan hubungan Chacha Frederica dan Jessica Iskandar dalam Girl Squad diperjelas pengakuan Chacha di salah satu talk show. Dia mengaku tidak diundang saat Jessica dan Richard Kyle bertunanga­n pada 15 Juni lalu.

Kemarin, di Mal Kota Kasablanka, Jedar –begitu sapaan Jessica– menampik kabar bahwa dirinya berseteru dengan Chacha. Dia mengungkap­kan, ada undangan untuk Chacha. ”Diundang. Diundang kok, semua teman aku undang,” katanya. Ibu satu anak itu menilai, Chacha mungkin sibuk. Ada agenda lain yang tidak bisa ditinggalk­an sehingga absen di pertunanga­nnya. Untuk pernikahan yang direncanak­an April tahun depan, Jedar mengaku akan mengundang Chacha.

Jedar tidak ingin memperkeru­h kabar tersebut. Meski begitu, saat ditelusuri di Instagram Jedar, tidak ada nama Chacha pada daftar pengikutny­a. ”Aku nggak mau ngurusin hal-hal yang berlalu. Yang sudah terjadi, ya biarlah terjadi. Sekarang ya sekarang, oke?” ucap perempuan 31 tahun itu.

ADIPATI menarik napas panjang, lalu mengucapka­n satu kata. ’’Berat,’’ katanya tentang syuting Perburuan saat berkunjung di redaksi Jawa Pos Jakarta pada Selasa (30/7). Aktor kelahiran Jakarta, 19 Agustus 1991, itu lalu tertawa.

Tawaran menjadi Hardo datang pada 2014. Dia ditawari langsung oleh Richard Oh, sang sutradara. ’’Saat itu, Koh Richard bilang, gue mau bikin Perburuan dan gue bakal ngetes lu.

Rasa cintanya terhadap sepak bola tumbuh sejak kelas IV SD. Waktu itu pria yang hobi memodifika­si motor tersebut pernah bergabung dengan sebuah klub sepak bola. Club Pelita Sawangan, Depok, Jawa Barat. ’’Karena dunia sepak bola saat itu sedang tidak sehat, saya keluar,’’ ujarnya.

Pada 2014, dia bersama teman-teman membentuk sebuah klub sepak bola. Anggotanya beragam. Mulai musisi hingga pemain sinetron. Bastian Steel menjadi salah seorang member-nya.

Klub tersebut rutin melakukan sparing dan latihan fisik dalam seminggu.

Pelatihnya adalah mantan pesepak bola Indonesia Rochy Putiray. ’’Sebelum benar-benar kembali ke sepak bola, aku main futsal dulu sama teman-teman. Terus, aku berpikir kenapa nggak bentuk klub sekalian aja? Dan, jadilah klub sekarang ini,’’ papar Adipati. Sekarang baca-baca dulu buku Perburuan,’’ kenang Adipati excited.

Sayang, tawaran tersebut sempat ’’tenggelam’’ bertahun-tahun. Tidak ada kabar. Hingga akhirnya, tahun ini film tersebut diproduksi pada 2018. Syuting dilakukan pada September tahun lalu. Dia menyatakan bahwa kemampuan aktingnya makin terasah berkat film yang juga dibintangi oleh Ayushita itu.

Mantan kekasih Vanesha Prescilla itu memulai debut akting di sinetron Kepompong pada 2008. Setelah itu, dia membintang­i sederet judul sinetron, FTV, dan film dengan ragam genre. Dia tidak berencana berhenti pada statusnya sebagai pemain film. Kelak dia juga ingin menjadi director. Ada dua hal lagi, selain soal film, yang sangat mewakili hidup Adipati Dolken. Apa aja sih?

Pemenang Piala Citra Pemeran Pendukung Pria Terbaik 2013 itu sangat suka fotografi dan videografi. Hobinya itu sekarang bisa menjadi ladang untuk menggemukk­an pundi-pundi rupiahnya.

Adipati membuat majalah traveling bareng teman-temannya. Namanya, Travelink. Majalah tersebut terbit empat bulan sekali. Soal fotografi, dia juga bakal menggelar pameran di Stasiun BNI City tahun ini. ’’Bersyukur banget sih. Aku punya production house juga untuk visual art meski kecil-kecilan,’’ tuturnya.

Selama kurang lebih sebelas tahun berkarir di dunia akting, ada satu genre film yang pengin banget dia mainkan. ’’Genre pure action. Aku belum pernah, sih,’’ bebernya. Dia menunggu mendapat tawaran main film aksi. ’’Sama satu lagi, aku bermimpi menjadi director,’’ lanjut dia.

Dia menyadari masih perlu banyak belajar. Dia yakin pekerjaann­ya sebagai aktor bisa membantuny­a mewujudkan mimpi tersebut. Menurut dia, dengan menjajal peran-peran di setiap film, dirinya akan mendapatka­n wawasan dan ilmu baru yang bisa menjadi bekalnya kelak.

 ?? INSTAGRAM ADIPATI ALLEX QOMARULLA/ JAWA POS ??
INSTAGRAM ADIPATI ALLEX QOMARULLA/ JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia