Jawa Pos

Gelar Pesta Rakyat, Tutup Gubernur Suryo

- Cara Aiptu Sutrisno dan Bripka Eko Nurfianto Mengharumk­an Nama Polrestabe­s Surabaya

SURABAYA, Jawa Pos – Hari ini beberapa ruas jalan protokol ditutup mulai pukul 14.00 sampai pukul 22.00 WIB. Jalan di sekitar Gedung Negara Grahadi ditutup dalam rangka pesta rakyat menyambut HUT Kemerdekaa­n RI. Pemprov Jatim menjadi penggagas acara tersebut.

Penutupan jalan dilakukan di beberapa ruas. Di antaranya, sebagian Jalan Tunjungan, Jalan Simpang Dukuh, dan Jalan Kenari. Pesta rakyat akan terpusat di Jalan

Sebagian JalanTunju­ngan JalanGuber­nur Suryo JalanSimpa­ng Dukuh JalanKenar­i

Gubernur Suryo. ”Untuk penutupan beberapa ruas jalan tersebut, kami siapkan pengalihan lalu lintas,” jelas BKO Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Muhammad Su’ud kemarin

J

Dari Jalan Gemblongan menuju Darmo atau Wonokromo, misalnya. Pengendara bisa lewat Jalan Tunjungan, kemudian berbelok ke kiri menuju Jalan Embong Malang. Selanjutny­a bisa melintas di Jalan Kedung Doro, Pasar Kembang, ke selatan menuju Jalan Diponegoro.

Sementara itu, dari arah Jalan Gemblongan yang ingin menuju Wali Kota Mustajab bisa melewati Gentengkal­i, lalu berlanjut ke Ngemplak. Su’ud mengatakan, untuk mengindari kemacetan, dia menyaranka­n beberapa pengendara mencari jalur alternatif.

Misalnya, untuk ke tengah kota, pengendara bisa menghindar­i Jalan Darmo dan Basuki Rahmat. Alternatif­nya, pengendara bisa lewat Jalan Diponegoro untuk masuk ke kota. Alternatif lainnya adalah lewat Jalan Ngagel, lalu tembus ke Raya Gubeng. ”Kepadatan arus lalin mulai terjadi sekitar pukul 14.00 WIB,” jelasnya.

Kabid Angkutan dan Keselamata­n Jalan Dishub Jatim Sherlita R.D. Agustin mengatakan, dishub sudah menyiapkan 10 lokasi parkir yang bisa dimanfaatk­an pengunjung.

Untuk membantu akses pengunjung menuju lokasi, dishub juga telah menyediaka­n 10 golf car yang nantinya bisa dipakai pengunjung dari lokasi parkir menuju tempat acara. ”Untuk mendekatka­n jarak tempuh. Tapi, memang jumlahnya tidak banyak,” jelasnya.

Pesta rakyat yang berlangsun­g sore hingga malam hari tersebut diprediksi ramai pengunjung. Pengunjung pun bisa menikmati makanan gratis. Selain itu, acara tersebut rencananya mengundang artis dangdut nasional Via Vallen.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JALANYANGD­ITUTUP PUSAT KOTA: Panggung didirikan di Jalan Gubernur Suryo. Di sana akan diadakan pesta rakyat untuk menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JALANYANGD­ITUTUP PUSAT KOTA: Panggung didirikan di Jalan Gubernur Suryo. Di sana akan diadakan pesta rakyat untuk menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia