Jawa Pos

Gapura Garuda Wujud Kerja Sama

-

GRESIK, Jawa Pos – Tidak hanya di kampung-kampung. Menyambut HUT Ke-74 Kemerdekaa­n RI, Satlantas Polres Gresik juga membangun gapura Garuda. Lokasinya di gerbang masuk Kantor Samsat Jalan dr Wahidin Sudirohuso­do. Temanya, Semangat Merah Putih Mari Kita Gelorakan Tali Persaudara­an dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Gapura Garuda itu memiliki lebar 6 meter dan tinggi 5 meter. Yang tampak keren adalah replika burung Garuda dengan ukuran 2 x 3 meter. ’’Gapura ini merupakan wujud kerja sama seluruh elemen masyarakat yang berada di samsat. Di antaranya, Polri, OPD pendapatan daerah, Jasa Raharja, maupun masyarakat sekitar yang juga ikut bergotong royong membangun,’’ kata Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to.

Wikha menjelaska­n, pembanguna­n Gapura Cinta Negeri memiliki arti tersendiri. Burung Garuda memiliki arti bahwa saat ini pesta demokrasi telah berakhir. Sudah tidak ada lagi persepsi cebong dan kampret. Yang ada hanya Pancasila sebagai ideologi dan dasar NKRI. Pihaknya mengajak semuanya untuk memegang teguh dan menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam pelaksanaa­n tugas sehari-hari. ’’Satu kesatuan yang bulat, utuh, dan patuh akan hierarki,’’ tegasnya.

Lalu, tulisan Bhinneka Tunggal Ika memiliki arti tersendiri. Meski di KB samsat terdapat berbagai instansi pemerintah­an, mereka tetap bersatu dalam satu atap untuk mewujudkan visi dan misi organisasi. Ornamen gapura juga menarik. Ada dua ornamen warna berbeda. Yakni, kobaran api dan pecahan es berwarna putih kebiruan. Kobaran api menjadi tanda semangat jiwa korsa dan keberanian yang membara seluruh personel.

”KB Samsat Gresik melaksanak­an tugas dan tanggung jawab untuk dapat melayani masyarakat dengan sepenuh hati, tulus, ikhlas, dan simpatik,” katanya.

Sementara itu, pecahan es berwarna putih kebiruan, lanjut Wikha, melambangk­an betapa keras dan kukuhnya persatuan dan kesatuan antara sesama personel. ”Tapi, tetap bisa membaur dan menyesuaik­an situasi serta kondisi yang ada sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik dan nyaman,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia