Jawa Pos

Tali Pengikat Putus, Truk Ngguling

-

SURABAYA, Jawa Pos – Arus lalu lintas di Jalan Kenjeran kemarin sedikit tersendat. Selain sebagian badan jalan termakan truk yang terguling, banyak pengendara yang melambatka­n laju kendaraann­ya untuk melihat laka tunggal tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam insiden yang terjadi sekitar pukul 10.00 itu.

Tadinya, truk bernopol N 8122 UO tersebut melaju dari arah Jalan Kapasari. Setelah melewati lampu merah di perempatan yang menghubung­kan Jalan Simokerto-Jalan Kapasan dan Jalan Kenjeran, truk belok kanan. ’’Karena kacanya mau dibawa ke pelanggan. Di daerah Kenjeran,’’ kata seorang pekerja yang ikut membantu evakuasi kemarin.

Setelah truk melewati lampu merah, tali pengikat kaca malah putus. Akibatnya, kaca yang dibawa menjadi miring ke sisi kiri. Truk juga menjadi tidak seimbang. Truk yang dikendarai Ryanto, warga Banyu Urip Kidul, untuk membawa barang dari gudang di kawasan Tambak Langon itu pun oleng.

Hanya berjarak sekitar 15 meter setelah melewati lampu merah, truk langsung terguling ke sisi kiri jalan. Beruntung, Ryanto tidak mengalami luka berarti. Dia bersama kernet lalu keluar dari pintu mobil sisi kanan. Kecelakaan itu sempat membuat arus lalu lintas Jalan Kapasan menuju Jalan Kenjeran tersendat sejauh 1 km.

Warga yang melihat kecelakaan tidak bisa membantu banyak. Evakuasi tidak bisa dilakukan secara manual. Warga lalu melaporkan kejadian tersebut ke Unit Lantas Polsek Simokerto. Dua petugas tiba di lokasi. Evakuasi juga tidak bisa langsung dilakukan. Sopir truk berinisiat­if meminta bantuan pekerja gudang yang lain. Muatan berupa kaca dipindahka­n dulu ke truk lain untuk dibawa lagi ke gudang. Sebab, sebagian kaca pecah.

Hingga pukul 15.00 kemarin, pemindahan kaca belum usai. Namun, lalu lintas mulai lancar. Polisi berencana mendatangk­an mobil derek dishub untuk meminggirk­an truk yang terguling agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. ’’Untungnya posisi tergulingn­ya tidak pas di tengah jalan. Kasusnya langsung kami tangani. Kami juga memeriksa kelengkapa­n surat-surat sang sopir. Kalau terbukti ada pelanggara­n, langsung tak kandangkan ini truk,’’ jelas Ipda Susmin, anggota Unit Lantas Polsek Simokerto.

 ??  ??
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? JADI PERHATIAN: Truk bermuatan kaca yang terguling di Jalan Kenjeran kemarin (16/8). Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS JADI PERHATIAN: Truk bermuatan kaca yang terguling di Jalan Kenjeran kemarin (16/8). Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia